Jawa Pos

DERBY APPAREL BARU

Liverpool Berganti Nike, Everton Gandeng Hummel

-

LIVERPOOL, Jawa Pos – Derbi Manchester dan derbi London Utara dianggap lebih kompetitif ketimbang Derby Merseyside. Hal itu mengingat rivalitas antara Manchester City versus Manchester United maupun Arsenal kontra Tottenham Hotspur lebih berimbang ketimbang Liverpool menghadapi Everton.

Lihat saja hasil derbi di Premier League musim ini. Skor kemenangan United atas City dalam dua pertemuan sangat ketat, 2-1 di Stadion Etihad (8/12/2019) dan 2-0 di Old Trafford (9/3). Arsenal malah bermain sama kuat 2-2 oleh Spurs di Stadion Emirates pada 2 September tahun lalu.

Derby Merseyside? Liverpool memperdaya Everton dengan skor telak 5-2 di Anfield (5/12/2019). The Reds juga kembali mengunggul­i The Toffees 1-0 dalam putaran ketiga Piala FA sebulan berselang (6/1) meski turun dengan skuad campuran tim utama dan tim cadangan.

Namun, dengan memiliki pelatih berpengala­man seperti Carlo Ancelotti dan janji pemilik klub Farhad Moshiri mengeluark­an lebih banyak uang di bursa transfer, Everton musim depan sepertinya tak akan lagi inferior dari Liverpool. ”Carlo (Ancelotti) datang di pertengaha­n musim (per 21 Desember 2019, Red) dan musim depan dia memiliki persiapan yang lebih bagus lagi untuk tim kami,” kata Moshiri di laman resmi klub.

Rivalitas Derby Merseyside makin menarik karena Everton juga mampu menyaingi Liverpool yang notabene juara Eropa (Liga Champions) maupun juara dunia (Piala Dunia Antarklub) dalam menarik sponsor. Musim depan, misalnya, kedua klub bakal mengenakan jersey dengan apparel baru.

Jika Liverpool sudah mengumumka­n bakal digandeng produsen apparel kondang asal Amerika Serikat, Nike, akhir tahun lalu, Everton baru memperkena­lkannya kemarin (21/5). Klub yang berkandang di Goodison Park itu memilih apparel asal Denmark, Hummel.

Jika durasi kerja sama Liverpool dan Nike adalah multiyear atau lebih dari lima tahun, Hummel sepakat menyuplai jersey Everton selama dua musim (2020–2021 sampai 2022–2023). Nominalnya GBP 30 juta (Rp 539,2 miliar atau GBP 10 juta (Rp 179,7 miliar) per tahun.

Dibandingk­an dengan Umbro, apparel Everton sejak 2014 sampai saat ini, nilai kontrak Hummel juga dua kali lebih besar. Kontrak Umbrodenga­n Everton adalah GBP 4,5 juta (Rp 80,92 miliar) per tahun.

”Kerja sama kami dengan Everton terjadi dalam momentum yang sangat tepat. Yakni, memperinga­ti setengah abad legenda klub Alan Ball yang pernah memakai Hummel legendaris berwarna putih,” kata Kepala Eksekutif Hummel Allan Vad Nielsen seperti dikutip Daily Mail.

Kepala Eksekutif Everton Denise Barret-Baxendale menambahka­n, masuknya Hummel akan memberikan efek domino yang sangat besar bagi pencarian sponsor utama Everton. Sebab, sponsor utama The Toffees, SportPesa, akan purna kontraknya di akhir musim ini.

”Secara investasi, Everton kini tidak kalah menariknya dengan Liverpool bagi para investor,” komentar Steve Martin, CEO agensi dan konsultan iklan ternama Inggris, M&C Saatchi, kepada The Athletic.

Sebelum sama-sama memiliki apparel baru musim depan, Liverpool dan Everton juga memiliki proyek pembanguna­n infrastruk­tur. Everton sudah membidik lokasi di Dermaga Bramley-Moore, Vauxhall, untuk membangun stadion baru mereka dengan kapasitas 52 ribu kursi.

Lebih besar ketimbang Goodison Park yang sudah berusia 128 tahun dengan kapasitas ”hanya” 39.572 tempat duduk. Pembanguna­n stadion baru Everton diperkirak­an menelan biaya mencapai GBP 500 juta atau lebih dari Rp 8,6 triliun.

Di sisi lain, dengan anggaran sepersepul­uh dari biaya stadion baru Everton, Liverpool siap berganti markas latihan musim depan. Melwood yang sudah menemani The Reds sejak era Bill Shankly pada 1959 akan berganti dengan lokasi baru di Kirby.

 ?? PAUL ELLIS/AFP ?? NAIK LEVEL: Kapten Liverpool Virgil van Dijk bersalaman dengan kapten Everton Gylfi Sigurdsson seusai pertanding­an Premier League di Anfield pada 5 Desember tahun lalu. Liverpool dan Everton sama-sama mendapat suntikan dana dari apparel baru musim depan.
PAUL ELLIS/AFP NAIK LEVEL: Kapten Liverpool Virgil van Dijk bersalaman dengan kapten Everton Gylfi Sigurdsson seusai pertanding­an Premier League di Anfield pada 5 Desember tahun lalu. Liverpool dan Everton sama-sama mendapat suntikan dana dari apparel baru musim depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia