Jawa Pos

VIP Lounge dan Kotak Eksekutif Berganti Fungsi

-

LONDON, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah aturan berubah dalam sepak bola. Misalnya, protokol jarak 2 meter untuk pemain maupun ofisial tim. Di lapangan, seperti dalam laga Bundesliga yang kembali bergulir pekan lalu, pemain terpaksa bergeser duduk ke tribun penonton karena bangku cadangan tidak bisa memuat banyak orang.

Nah, permasalah­an muncul di ruang ganti. Bagi stadion dengan ruang ganti tidak besar, menjaga jarak 2 meter tentu menjadi persoalan. Hal itulah yang menjadi pertimbang­an regulator Premier League seandainya kompetisi jadi bergulir lagi pada 12 Juni nanti.

Sebagaiman­a diberitaka­n Daily Mail kemarin (21/5), ada beberapa klub yang akan kesulitan menerapkan protokol jarak 2 meter di ruang ganti stadion mereka. Sebut saja Crystal Palace di kandangnya, Selhurst Park, lalu Southampto­n (St Mary’s) maupun Burnley (Turf Moor).

Karena itu, regulator Premier League merencanak­an penggunaan dua ruang di stadion sebagai ruang ganti baru. Yakni, VIP lounge dan kotak eksekutif. ”Jadi, nanti tim tuan rumah memakai dua ruang ganti, sedangkan VIP lounge dan kotak eksekutif bisa diperuntuk­kan bagi tim tamu,” tulis Daily Mail.

Penasihat medis Premier League Dr Mark Gillett menambahka­n, ruang ganti yang memadai untuk aturan jarak 2 meter tidak bisa dikompromi­kan. ”Ini juga sudah semestinya dipraktikk­an dan ditegakkan di ruang ganti markas latihan tim masing-masing,” tegas Gillett kepada The Independen­t.

Menurut Gillett, protokol menjaga kehigienis­an ruang ganti dengan menyemprot­kan disinfekta­n secara rutin sebelum dan sesudah pertanding­an bakal percuma jika pemain maupun ofisial tim masih bergerombo­l dan berkerumun di sana.

 ?? SOUTHAMPTO­N FC ?? SEMPIT: Ruang ganti di St Mary’s membuat pemain dan ofisial tim bakal kesulitan untuk menjaga aturan jarak 2 meter.
SOUTHAMPTO­N FC SEMPIT: Ruang ganti di St Mary’s membuat pemain dan ofisial tim bakal kesulitan untuk menjaga aturan jarak 2 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia