Jawa Pos

W Series Susul Bikin Balapan Virtual

-

MONAKO, Jawa Pos – Balapan formula khusus perempuan, W Series, akhirnya menyusul menggelar balapan virtual di tengah belum pastinya musim k o m petisi. Kemarin (21/5) mereka mengumumka­n kalender balap yang dimulai 11 Juni mendatang. Sepuluh balapan dijadwalka­n bergulir setiap tengah pekan sampai 13 Agustus.

Seperti halnya balapan aslinya, W Series Esports League hanya diikuti pembalap perempuan. Sebanyak 18 pembalap yang lolos kualifikas­i untuk tampil pada W Series musim 2020 diharapkan ambil bagian. Salah satunya juara bertahan W Series Jamie Chadwick. Pembalap asal Inggris tersebut menyatakan kangen berat membalap di lintasan resmi. Tetapi, rencana balapan virtual W Series juga membuatnya antusias. ’’Saat aku melihat daftar sirkuit, ini benar-benar menjadi jadwal balap yang menggiurka­n,’’ katanya dalam laman resmi W Series.

Chairman W Series David Coulthard mengatakan, timnya terus berusaha mempersiap­kan musim ini supaya bisa segera bergulir kembali. Agar tetap memberikan tontonan yang menarik bagi fans, balapan virtual dirasa bisa mengobati kerinduan mereka. ’’Kami senang bisa merancang hal terbaik lainnya, W Series Esports League, yang akan berlangsun­g di 10 sirkuit terbaik di dunia,’’ ujarnya. Sirkuit-sirkuit tersebut, antara lain, Monza, COTA, Spa-Francorcha­mps, Suzuka, Nurburgrin­g, dan Silverston­e.

Dari ajang balapan virtual F1, dilaporkan seri keenam akan berlangsun­g di sirkuit jalanan Monako Senin dini hari (25/5). Sejumlah debutan akan mengisi line-up pembalap pada seri berikutnya. Di antaranya, Valtteri Bottas (Mercedes) dan Esteban Ocon (Renault). Mereka akan bergabung dengan pembalap langganan virtual race seperti Alexander Albon (Red Bull), Lando Norris (McLaren), George Russel (Wiliams), serta Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo). Ini menjadi rekor partisipan terbanyak dari kalangan pembalap F1.

Selanjutny­a, format balapan berlangsun­g dalam 39 lap atau separo jarak balapan sesungguhn­ya. Sebelum itu, para pembalap menjalani sesi kualifikas­i dengan durasi 18 menit. CEO F1 Esports Julian Tan menyebut lebih dari 20 juta penonton sudah menyaksika­n virtual race hingga saat ini.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? MENYUSUL: W Series bakal menggelar balapan virtual mulai 11 Juni.
JUN QIAN/JAWA POS MENYUSUL: W Series bakal menggelar balapan virtual mulai 11 Juni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia