Jawa Pos

Tetap Latihan sambil Pulihkan Cedera

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – I Gusti Bagus Saputra tetap intens berlatih di tengah pandemi Covid-19 ini. Tim BMX melakukan pemusatan latihan di Sirkuit Muncar, Banyuwangi. Di tengah latihan itu, Bagus juga dalam proses penyembuha­n cedera.

Yang sering dia alami adalah cedera hamstring kiri. Cedera itu terjadi sejak persiapan Asian Games 2018. Kemudian, dia sempat jatuh saat sesi latihan UCI BMX Supercross di Bathurst,

Australia, pada Februari lalu. Akibatnya, pergelanga­n kaki kanannya terluka. Beruntung, kondisi tulangnya tidak bermasalah.

”Kalau yang pergelanga­n kaki sih sudah mulai membaik. Cuma yang hamstring ini kadang masih terasa perih saat dipakai pergerakan di sepeda. Apalagi kalau intensitas latihannya itu tinggi,” tutur peraih medali perak Asian Games 2018 itu.

Bagus menuturkan, kakinya selama ini ketika dipakai untuk mengikuti lomba tidak terlalu mengganggu. Sebab, dia sudah bisa membuat antisipasi­nya agar tidak terasa sakit. ”Kalau untuk lomba, pemanasann­ya harus benar-benar bagus. Kalau cuma sebentar dan nggak benar, itu biasanya terasa lagi,” ungkapnya.

Untuk kemungkina­n tindakan operasi, Bagus masih belum berani. Hal itu harus dipertimba­ngkan matang-matang karena proses pemulihann­ya lama. Apalagi, dia juga sedang mengejar tiket Olimpiade Tokyo 2020.

”Sebenarnya kalau ada kendala seperti itu, yang penting asupannya bagus. Nanti bisa kembali normal. Warming up dan cooling down-nya juga benar. Karena ini jarak pendek kan lombanya. Benar-benar di-push banget,” kata Bagus.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BELUM PULIH: I Gusti Bagus Saputra ketika meraih medali perak Asian Games di Sirkuit Pulomas Internatio­nal, Jakarta (25/8/2018).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS BELUM PULIH: I Gusti Bagus Saputra ketika meraih medali perak Asian Games di Sirkuit Pulomas Internatio­nal, Jakarta (25/8/2018).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia