Jawa Pos

Mutasi Tidak Pengaruhi Penanganan Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos − Mutasi besar-besaran pejabat di Pemkot Surabaya dipastikan tak akan mengganggu penanganan Covid19. Para pejabat yang mendapat tempat baru secara otomatis langsung bekerja pada hari pertama kemarin (21/5) pascamutas­i Rabu (20/5).

Wakil Koordinato­r Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Surabaya M. Fikser mengungkap­kan bahwa memang ada posisi yang bertukar dari satu pejabat ke pejabat lain. Tapi, saat penanganan Covid-19, mereka sudah biasa bekerja sama. ”Misalnya, Pak Irvan dan Pak Eddy yang berganti posisi. Di lapangan beliau berdua selalu bekerja sama. Jadi, ini langsung tune in,” ujar Fikser kemarin.

Irvan Widyanto menjadi kepala badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat. Sebelumnya, dia menjadi kepala Satpol PP Surabaya. Posisi tersebut sekarang digantikan Eddy Christijan­to. Perubahan posisi itu berpengaru­h di gugus tugas. Secara otomatis,Irvanmenja­diwakilsek­retaris tim gugus tugas tersebut. Eddy akhirnya mengurusi penindakan.

Fikser mengungkap­kan, meski kemarin tanggal merah, para pejabat tetap bertugas di lapangan. Mereka menjalanka­n perintah untuk penanganan Covid-19. ”Hitam semua kalenderny­a,” kelakar Fikser.

Kepala Bagian Pemerintah­an dan Otonomi Daerah Achmad Zaini mengungkap­kan, dirinya juga langsung menjalanka­n tugas baru kemarin. Misalnya, berkoordin­asi dengan camat dan lurah untuk pendataan warga terdampak. Tanggal merah tak berpengaru­h pada penanganan Covid-19. ”Pagi ini tadi (kemarin, Red) langsung memantau pendataan. Memastikan semua tetap berjalan,” kata mantan camat Wiyung itu.

Dia juga langsung berkantor di balai kota dan berkoordin­asi dengan pejabat lain terkait pendataan tersebut. Tetutama pendataan warga terdampak Covid19. ”Memastikan semua warga yang terdampak bisa menerima bantuan,” imbuh dia.

Pada Rabu lalu, ada mutasi 71 pejabat di Pemkot Surabaya. Mutasi tersebut dilakukan untuk pengisian jabatan dinas yang kosong. Pelantikan itu diawasi Bawaslu Surabaya. Sebab, Surabaya juga akan melaksanak­an pilkada.

 ?? JUNEK/JAWA POS ?? TOUR OF DUTY: Suasana pelantikan pejabat Pemkot Surabaya di Gedung Sawunggali­ng Rabu (20/5).
JUNEK/JAWA POS TOUR OF DUTY: Suasana pelantikan pejabat Pemkot Surabaya di Gedung Sawunggali­ng Rabu (20/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia