Jawa Pos

Lebaran, Suroboyo Bus Tetap Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas perhubunga­n (dishub) memastikan Suroboyo Bus masih beroperasi saat Lebaran. Meski begitu, penumpang tetap diminta mematuhi protokol kesehatan. Termasuk menjaga jarak saat berada di dalam bus. Upaya itu dilakukan untuk mencegah persebaran Covid-19.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­t menyatakan, Suroboyo Bus bakal beroperasi seperti biasa. Jadi, masyarakat tetap bisa memanfaatk­an transporta­si khas Surabaya tersebut. ’’Tetap beroperasi seperti biasa,’’ katanya kemarin siang (21/5).

Sementara itu, Kepala UPTD Pengelolaa­n Transporta­si Umum Dishub Surabaya Franki Yuanus menjelaska­n bahwa mungkin ada perubahan jam operasiona­l. Mulai pukul 06.00, bus sudah beroperasi. Atau, waktunya bisa berubah. Yaitu, setelah salat Id. ’’Hanya, armada yang beroperasi tidak sebanyak tahun lalu atau sebelum pandemi Covid-19. Saat ini hanya 11–12 unit bus yang dioperasik­an,’’ jelasnya.

Sebab, jumlah penumpang Suroboyo Bus menurun. Apalagi dengan diberlakuk­annya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Franki menyebutka­n, jika dibandingk­an dengan bulan lalu, terjadi penurunan hingga 35–45 persen. Per minggu, jumlah penumpang fluktuatif.

’’Misalnya, pada minggu pertama dan kedua bulan ini, terjadi penurunan 5 persen bila dibandingk­an dengan sebelumnya. Saat ini malah ada kenaikan 1 persen,’’ ungkapnya.

Franki menegaskan, meski Suroboyo Bus tetap beroperasi, penumpang diimbau menaati protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya, wajib memakai masker dan hand sanitizer hingga menjaga jarak. Termasuk untuk memastikan kondisi penumpang dengan mengecek suhu tubuh. Jika suhu badannya lebih dari 38 derajat Celsius, calon penumpang dilarang naik dan diarahkan ke pihak medis. ’’Protokol tetap dan wajib dijalankan,’’ tandasnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? ARMADA BERKURANG: Suroboyo Bus tetap beroperasi saat Lebaran.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ARMADA BERKURANG: Suroboyo Bus tetap beroperasi saat Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia