Jawa Pos

Manfaatkan Barang Bekas untuk Benda Lain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah kegiatan bermanfaat mengusir penat di kala menjalani karantina mandiri. Misalnya, membuat prakarya. Seniman Aliet Rahayu melakukann­ya selama seminggu ini. Dia membuat penanda buku yang dilukis dengan teknik watercolor atau cat air.

Mulanya, Aliet menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Antara lain, kertas cat air bekas, peralatan melukis, dan cat air. Kertas bekas tersebut dipotong menjadi persegi panjang, lantas dilukis sesuai keinginan. Pada tahap itu, Aliet merekam proses melukisnya satu per satu. Berbagai gambar dia hasilkan. Antara lain gambar bunga-bunga dan dedaunan.

Aliet juga memberikan berbagai tip melukis dengan cat air. Yakni, membuat garis luar dengan pensil terlebih dahulu, lalu mengisi gambar secara perlahan. Tujuannya, warna yang dihasilkan tidak mudah rusak. Dengan menggabung­kan beberapa warna, dihasilkan rupa gradasi.

”Tahap terakhir adalah melubangi bagian atas penanda buku, lalu beri pita,” ujar ibu tiga anak itu. Setelah selesai membuatnya, Aliet juga membagikan karyanya kepada yang menyimak aktivitasn­ya. Dia menyebutny­a sebagai aksi giveaway.

Pembuatan prakarya itu terinspira­si dari penanda buku yang berserakan dan hilang di rumahnya. Selain itu, dia memanfaatk­an bahan-bahan yang tidak terpakai. Misalnya, kertas cat air bekas yang menumpuk di rumahnya. Aliet juga ingin aktivitas tersebut bisa meningkatk­an minat baca. Terutama untuk mengisi waktu di kala karantina mandiri.

Motif bunga dan dedaunan yang sedang bermekaran dipilih karena suatu alasan. Yakni, memberikan energi positif dan membangkit­kan semangat. ”Karena warna yang dipilih juga cerah,” imbuh warga Pandugo Baru itu. Dia menambahka­n, motif sebenarnya bisa dipilih sesuka hati. Misalnya, mencari inspirasi lewat internet.

Dia juga menikmati aktivitas itu. Selain mengisi waktu, dia bisa meningkatk­an kemampuan melukis dengan cat air. Selain membuat prakarya, Aliet mengisi waktu dengan membikin berbagai rajutan. Dia juga berencana membagikan aktivitas merajutnya di media sosial.

 ?? ALIET RAHAYU FOR JAWA POS ?? DIPULAS CAT: Aliet Rahayu dengan beragam cat air dan perlengkap­an melukis ketika membuat pembatas buku kemarin.
ALIET RAHAYU FOR JAWA POS DIPULAS CAT: Aliet Rahayu dengan beragam cat air dan perlengkap­an melukis ketika membuat pembatas buku kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia