Jawa Pos

Hoax TKA Menyamar Jadi Tenaga Kesehatan

-

KABAR kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok kembali menyebar. Kali ini informasi itu dilengkapi foto orang-orang berpakaian hazmat di sebuah bandara. Narasi yang menyertai foto tersebut menyebutka­n bahwa TKA Tiongkok datang ke Palembang dengan menyamar sebagai tenaga kesehatan (nakes). Jika diamati, foto orangorang berpakaian hazmat itu merupakan capture dari sebuah video di YouTube.

Akun Facebook Armand Suhara mengunggah link kanal tersebut yang menuliskan judul, TKA China Masuk Palembang dengan APD Lengkap

biar Dikira Nakes. Sayangnya, saat tautan itu diklik, videonya telah dihapus pemilik kanal.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, Jawa Pos menemukan video serupa diulas kanal YouTube milik

Tribun Sumsel. Kanal tersebut menuliskan keterangan bahwa para TKA asal Tiongkok itu dipulangka­n ke negara asalnya. Berbagai media massa kredibel juga memberitak­an kejadian tersebut. Salah satunya, portal berita Sumatera Ekspres, sumeks. co. Judulnya berbunyi, Naik Cambodia Airways, Sebanyak 141 TKA Tiongkok di Sumsel Dipulangka­n.

Disebutkan bahwa 141 warga negara Tiongkok yang mengenakan baju

hazmat tersebut merupakan pekerja yang dipulangka­n ke negaranya melalui Bandara Internasio­nal Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang. Mereka memasuki bandara pada Rabu (20/5) pukul 14.30 WIB dengan menaiki lima bus.

General Manager Bandara Internasio­nal Sultan Mahmud Badaruddin II Fahroji menjelaska­n, mereka memang dipulangka­n karena proyek tempat para pekerja asal Tiongkok tersebut bekerja sudah selesai. ’’PT China Harbour Indonesia melakukan penerbanga­n repatriasi hari ini. Mereka memang pulang karena proyek sudah selesai,’’ jelasnya.

Warga Tiongkok itu berangkat melalui pos landasan udara (lanud) di samping terminal yang biasa dilalui calon jamaah haji lantaran penerbanga­n bersifat carter. Sebelum berangkat, kondisi kesehatan, kelengkapa­n dokumen imigrasi, dan barang bawaan para WN Tiongkok itu dicek petugas.

Pesawat Cambodia Airways Airbus A319 yang membawa mereka lepas landas pada pukul 17.30 WIB. ’’Tujuan penerbanga­n ke Tiongkok, tapi transit di Kamboja,’’ kata Fahroji. Selengkapn­ya, Anda dapat membacanya di bit.ly/PulangKeTi­ongkok.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia