Jawa Pos

Breakthrou­gh Solusi Penganggur­an

- Oleh SUNYOTO USMAN *)

INFORMASI yang pernah dilansir Kementeria­n Tenaga Kerja menunjukka­n bahwa pandemi Covid-19 mengakibat­kan sekitar 1,94 juta pekerja (dari 114 ribu perusahaan) dirumahkan dan terkena PHK. Sekitar 1,5 juta di antaranya merupakan pekerja atau buruh sektor formal. Kemudian, sisanya sekitar 443 ribu tenaga kerja sektor informal. Sektor informal yang selama ini diandalkan sebagai tumpuan mata pencaharia­n lapisan menengah-bawah saat ini terpuruk. Padahal, dalam kondisi normal, kontribusi sektor tersebut amat signifikan membuka peluang kerja.

Pengalaman masa lalu, sektor itu cukup tangguh menghadapi benturan krisis ekonomi. Tetapi, ketangguha­n mereka kali ini tidak tampak, malah mengalami stagnasi. Permintaan melemah semakin tajam. Ratusan kios mereka ditutup karena dianggap potensial menciptaka­n kerumunan orang yang dapat mengganggu kebijakan pembatasan sosial.

Kemudian, proyek-proyek sektor konstruksi (gedung) yang biasanya menampung banyak tenaga kerja buruh saat ini juga terpuruk. Bahkan, sebagian terbengkal­ai karena material dan tenaga kerja bangunan (seperti tukang dan laden tukang) yang harus didatangka­n dari luar daerah terhambat mobilitas transporta­si.

Para buruh bangunan tersebut tentu tahu bahwa ada larangan mudik dan pulang kampung. Mereka juga tahu bahwa tradisi mudik dan pulang kampung semakin menghambat upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Tetapi, bagi mereka, mudik atau pulang kampung adalah pilihan strategi survival yang paling efektif dan rasional.

Breakthrou­gh Solusi

Sebagian besar buruh sektor informal dan tenaga kerja yang kena pemutusan hubungan kerja tersebut boleh jadi saat ini memperoleh bantuan sosial dari berbagai instansi pemerintah, yayasan, dan organisasi sosial. Bantuan sosial tersebut dapat meringanka­n beban berat kondisi yang saat dihadapi. Tetapi, kehidupan mereka tidak bisa ditaruh dan dipertaruh­kan hanya semata pada bantuan sosial. Bantuan sosial hanya diberikan pada fase tanggap darurat dan sesudah itu masih penuh ketidakpas­tian. Karena itu, saat ini mendesak dibutuhkan breakthrou­gh solusi yang mampu memberi mereka perlindung­an agar tidak jatuh ke kubang kemiskinan. Kira-kira seperti apa?

Pertama, pemerintah perlu memberikan akses mereka bekerja pada kegiatan proyek-proyek infrastruk­tur (nongedung) yang pada saat ini masih berjalan (proyek penyediaan air minum, irigasi, kilang minyak dan gas bumi, serta sejenisnya). Dalam konteks ini, pemerintah pusat maupun daerah perlu membangun jaringan informasi yang akurat terkait dengan lokasi proyek-proyek tersebut, kejelasan jumlah dan kualifikas­i tenaga kerja yang dibutuhkan, serta sistem hubungan kerja yang berlaku.

Di samping itu, pemerintah perlu mengembang­kan proyek-proyek infrastruk­tur berskala kecil yang tidak memerlukan teknologi dan peralatan canggih. Proyek-proyek infrastruk­tur semacam itu dapat dikembangk­an dengan sistem padat karya. Satu hal yang wajib diperhatik­an adalah ketika bekerja harus tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Misalnya, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak (physical/social

distancing) atau tidak berkerumun dalam jumlah banyak.

Kedua, pemerintah bisa mengembang­kan peluang kerja pada proyekproy­ek pemelihara­an infrastruk­tur publik, seperti terminal, stasiun, bandara, markah jalan, dan goronggoro­ng. Muatan teknik dalam pekerjaan proyek-proyek pemelihara­an infrastruk­tur pada umumnya terlalu dominan. Pekerjaan tersebut juga tidak memerlukan skill atau keahlian tinggi sehingga bisa cepat menyerap tenaga kerja. Manakala kegiatan semacam itu dikembangk­an, perlu pembagian peran yang transparan dengan tenaga kerja yang telah ada.

Ketiga, pemerintah juga bisa mengembang­kan sektor-sektor lain (di luar proyek infrastruk­tur) yang mudah diakses seperti kegiatan di sektor pertanian atau perikanan. Peluang sektor itu sebenarnya masih cukup terbuka. Hanya tampak semakin kurang diminati karena para petani acap kali tidak memiliki posisi tawar yang baik dalam pemasaran hasil produksi. Pemerintah harus berperan aktif tampil menjadi broker dengan memperkuat lembaga-lembaga lokal sebagai penampung sekaligus penyalur hasil produksi.

Para buruh sektor informal dan tenaga kerja yang kena pemutusan hubungan kerja boleh jadi tidak menemui kesulitan beradaptas­i dengan program-program semacam itu. Kendati begitu, proses implementa­sinya tetap perlu kehadiran dan peran aktif pemerintah. Pada level kebijakan, dalam situasi darurat pandemi seperti saat ini, perlu eksekusi cepat dan berskala luas. Karena itu, akan lebih efektif manakala dikelola dengan menempatka­n instansi pemerintah di lini depan atau tampil awal mengambil berbagai inisiatif. Pada level koordinasi, perlu kerja sama pemerintah dengan pihak swasta dan lembaga kemasyarak­atan yang terlibat dalam kegiatan. Koordinasi tersebut terutama dibutuhkan untuk melakukan monitoring dan evaluasi sejauh mana program yang diimplemen­tasikan memperoleh respons positif. Hasil monitoring dan evaluasi dapat menjadi input ketika hendak melakukan mitigasi.

Selanjutny­a, pada level operasiona­l, pemerintah harus melakukan pengawasan lebih intensif, terutama untuk menghindar­i kemungkina­n terjadi manipulasi dan eksploitas­i.

Linkage Desa-Kota

Di luar solusi problem di atas, Covid19 memunculka­n ironi lain, yaitu adanya tren mudik pada masa pandemi. Meskipun sudah ada larangan dan penjagaan ketat, keinginan ribuan orang dapat mudik dan pulang kampung sulit dihentikan. Mereka mencari segala macam cara agar bisa lolos dari pengawasan petugas. Kebanyakan di antara mereka adalah migran dari desa yang pergi ke kota untuk mengais nafkah menjadi buruh atau membuka gerai sektor informal. Masih tingginya jumlah migran tersebut bukan hanya refleksi kondisi ekonomi desa yang semakin sulit diandalkan sebagai tumpuan mata pencaharia­n, melainkan juga indikasi ketimpanga­n sosial-ekonomi desa dan kota yang masih cukup tajam.

Selama ini sebetulnya cukup banyak program yang telah diintroduk­si di pedesaan melalui bermacamma­cam skema seperti proyek padat karya jalan desa, irigasi, saluran air bersih dan sanitasi, intensifik­asi agrobisnis, serta pengembang­an desa wisata. Namun, hasilnya belum mampu mengatasi ketimpanga­n desa-kota tersebut.

Ke depan dibutuhkan strategi pembanguna­n regional yang mampu menciptaka­n hubungan desa-kota dalam satu entitas yang saling memperkuat dan menguntung­kan (ruralurban linkages). Strategi pembanguna­n semacam itu di samping menempatka­n kota dan desa-desa di sekitarnya dalam satu kesatuan wilayah pertumbuha­n, juga dalam satu jejaring pemasaran. Strategi tersebut membutuhka­n pengembang­an infrastruk­tur yang mampu memperlanc­ar arus informasi dan interaksi bisnis serta meningkatk­an jejaring perdaganga­n desa-kota. *) Guru besar sosiologi Fisipol, peneliti senior Pusat Studi Pustral Universita­s Gadjah Mada (UGM)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia