Jawa Pos

Melepaskan Kesempatan Angkat Trofi

-

BILBAO, Jawa Pos – Berusia 39 tahun dan tetap kompetitif di kompetisi seketat La Liga adalah capaian luar biasa. Namun, cedera tulang pinggul membuat Aritz Aduriz hanya bisa mencetak satu gol dari 17 penampilan bersama Athletic Bilbao (ATH) musim ini.

Seiring harus menjalani operasi atas cederanya, Aduriz terpaksa mengambil keputusan berat. Striker tertua yang pernah mencetak gol untuk timnas Spanyol itu (usia 35 tahun 275 hari) mengumumka­n pensiun melalui akun Twitter-nya kemarin (21/5).

Keputusan pensiun El Zorro −julukan Aduriz− mengejutka­n karena dia membuang kesempatan bermain untuk ATH dalam final Copa del Rey melawan Real Sociedad. Euskal Derbia itu seharusnya terjadwal bulan lalu (18/4). Tapi, pandemi Covid-19 membuat jadwal pengganti belum bisa ditentukan.

”Berkali-kali saya pernah mengatakan bahwa sepak bola akan meninggalk­anmu sebelum kamu meninggalk­annya,” cuit Aduriz. ”Tubuh saya saat ini pun bilang sudah cukup untuk semuanya,” imbuh pria yang membela ATH selama 14 tahun dalam tiga periode tersebut.

Sepanjang karirnya, Aduriz hanya mengoleksi satu trofi. Yakni, Supercopa de Espana 2015 bersama ATH. Pemilik 405 laga, 172 gol, dan 49 assist bersama Bilbao itu pernah berkesempa­tan memenangi Copa del Rey pada 2014– 2015. Sayang, ATH harus mengakui keunggulan FC Barcelona.

Kekalahan itu mungkin sudah dilupakan Aduriz pada 16 Agustus lalu. Yakni, ketika dia mencetak gol kemenangan ATH atas Barca dalam laga pembuka La Liga 2019– 2020 San Mames pada menit ke-89. Hebatnya, Aduriz baru masuk menggantik­an Inaki Williams semenit sebelumnya. Gol yang tercipta juga cantik, melalui overhead kick.

Sebagai bentuk penghormat­an kepada Aduriz, di layar Stadion San Mames kemarin dipasang foto striker bernomor punggung 20 tersebut.

 ?? DAVID S. BUSTAMANTE/SOCRATES ??
DAVID S. BUSTAMANTE/SOCRATES

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia