Jawa Pos

Bakal Diperpanja­ng 300 Meter

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Sejak Agustus 2019 lalu, pemasangan box culvert untuk jalur pedestrian HR Muhammad sudah rampung dari area Kelurahan Pradahkali­kendal hingga Patung Kuda. Area tersebut juga sudah dipasangi pola-pola cantik dan beberapa tanaman sehingga pejalan kaki bisa lebih nyaman saat melewatiny­a.

Untuk melanjutka­n proyek tersebut, jalur pedestrian tersebut akan diperpanja­ng sekitar 300 meter. Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Farhan Sanjaya mengatakan, perpanjang­an tersebut dilakukan dari area depan Kelurahan Pradahkali­kendal hingga masjid besar At-Taqwa.

”Proses ini merupakan lanjutan dari proyek 2019,” ucapnya. Saat ini pengerjaan­nya sudah mencapai 280 meter. Telah tersedia pagu pembiayaan Rp 6 miliar untuk pengerjaan jalur pedestrian itu. Proses tender sudah dilakukan. Pemenangny­a juga sudah diumumkan.

Namun, belum ada pengerjaan yang tampak di area itu. Meski sudah cukup luas, jalur pedestrian saat ini belum terlalu nyaman bagi pejalan kaki. Dari pantauan tim Jawa Pos, area tersebut belum rata.

Selain itu, tak jarang ada pedagang kaki lima yang berjualan di sana. Bahkan, kendaraan roda dua bisa melintas melawan arah di atas jalur pedestrian tersebut. Kendaraan roda empat juga beberapa kali terlihat parkir. Jika area itu sudah bisa ditertibka­n, pejalan kaki akan lebih nyaman saat melintasin­ya. Jalur tersebut juga bakal tampak lebih rapi.

Rencananya, lebar jalur pedestrian itu tak lebih dari 3 meter. Tentu pengerjaan itu dilengkapi dengan pola-pola yang cantik serta beberapa pohon besar dan tanaman groundcove­r.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? AKAN BERLANJUT: Pembanguna­n jalur pedestrian di Jalan HR Muhammad saat ini sudah mencapai 280 meter. Lebarnya sekitar 3 meter.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS AKAN BERLANJUT: Pembanguna­n jalur pedestrian di Jalan HR Muhammad saat ini sudah mencapai 280 meter. Lebarnya sekitar 3 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia