Jawa Pos

Sterilla, Alat Sterilisas­i Barang Belanjaan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kondisi pandemi Covid-19 tidak menghentik­an kreativita­s. Mahasiswa Universita­s Muhammadiy­ah (UM) Surabaya menciptaka­n alat sterilisas­i barang belanjaan. Inovasi tersebut didemokan di Gedung G lantai 1 UM Surabaya kemarin (21/5).

Inovasi alat sterilisas­i barang belanjaan itu diciptakan Iman Ramdhan, mahasiswa prodi teknik elektro, dan Putri Widia Ningrum, mahasiswi prodi teknik laboratori­um medik. ’’Alat ini terinspira­si dari alat pengecekan X-ray barang di bandara,’’ kata Putri.

Putri menyebutka­n, alat sterilisas­i barang belanjaan tersebut bernama

Sterilla. Mereka memanfatka­n conveyor belt untuk membawa barang secara otomatis menuju bagian penyinaran ultraviole­t. ’’Butuh waktu 20 detik untuk membunuh bakteri yang menempel pada barang belanjaan dengan sinar ultraviole­t,’’ ujarnya.

Dia menjelaska­n, alat tersebut didesain sederhana sehingga cocok digunakan di toko-toko kelontong. Selain itu, seperti diketahui, persebaran Covid-19 bisa melalui berbagai media. ’’Alat ini juga bisa membersihk­an sayur dan buah tanpa menggunaka­n sabun atau disinfekta­n. Takut efek buruk pada kesehatan,’’ katanya.

Putri bersama Iman berupaya menciptaka­n inovasi yang aman dan mudah digunakan masyarakat. Jadi, setelah berbelanja, barang yang dibawa sudah steril. ’’Alat yang kami ciptakan ini sudah berstandar industri pangan,’’ jelasnya.

Iman menambahka­n, dalam penelitian­nya, barang bisa disterilis­asi ketika mendapat penyinaran UV selama 20 detik. Bakteri yang menempel pada barang dapat berkurang sesuai dengan ambang batas yang diizinkan dalam produk pangan. ’’Setidaknya bakteri berkurang hingga 80 persen,’’ ujarnya.

Kepala Biro Kemahasisw­aan dan Alumni UM Surabaya Fery Efendi mengatakan, alat yang didesain mahasiswa UM Surabaya tersebut diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi risiko penularan Covid19. Khususnya bagi masyarakat yang sedang berbelanja. ’’Inovasi ini ditujukan untuk diletakkan di toko kelontong. Kami akan memberikan­nya ke toko kelontong. Alat itu juga terus dievaluasi,’’ katanya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? SINAR ULTRAVIOLE­T: Dari kiri, Fery Efendi, Putri Widia Ningrum, dan Iman Ramadhan mempraktik­kan cara kerja Sterilla di gedung G Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS SINAR ULTRAVIOLE­T: Dari kiri, Fery Efendi, Putri Widia Ningrum, dan Iman Ramadhan mempraktik­kan cara kerja Sterilla di gedung G Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia