Jawa Pos

Giat Kursus Drum Online Selama Karantina Mandiri

Cara Sonny Hindarto Halau Bosan di Rumah

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Tempo hari saya berduet dengan beberapa musisi secara virtual di media sosial,” ucap Sonny Hindarto saat ditemui. Dia merupakan arsitek profesiona­l. Namun, dia juga memiliki hobi bermusik, yakni bermain drum. Di samping menjalani profesi utamanya, Sonny meningkatk­an kemampuan bermain drumnya saat pandemi.

Hobi bermain musik dia lakoni sejak sekolah. Kala itu dia membentuk band bersama teman-temannya di SMAN 5 Surabaya. Nama bandnya Phisixtwo Band. ”Sampai sekarang band itu masih aktif. Saya masih jadi pemain drum,” ujarnya. Pada 2000, dia menjadi pemusik di salah satu gereja di Surabaya. Selain itu, Sonny sering diminta untuk mengisi berbagai acara seperti pernikahan.

Bagi dia, bermain musik bisa melepas penat di tengah tekanan pekerjaan. Jika ada waktu senggang, dia menggunaka­nnya untuk bermain drum. Di masa pandemi sekarang, bapak empat anak itu malah makin giat berlatih. Sebab, banyak kursus yang dibuka secara daring. ”Membuat saya bisa menikmati waktu karantina mandiri agar tidak cepat bosan,” imbuh pria yang tinggal di kawasan Sambikerep tersebut.

Di samping itu, dia kerap berkegiata­n sosial bersama temanteman­nya dengan berbagi kepada yang membutuhka­n. Sebelumnya, Sonny juga mengikuti berbagai komunitas dan organisasi sosial. Menurut dia, hal itu mampu membuat dia menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab, berinterak­si dengan orang baru membuat dia memahami berbagai kondisi sosial. ”Sebelumnya, saya cenderung introver dan soliter,” tuturnya

Profesinya sebagai arsitek pun tetap dia jalani. Beberapa karyanya berupa bangunan rumah. Misalnya hunian di kawasan Graha Family, Citraland, dan Pakuwon City. Ada juga bangunan komersial, misalnya showroom mobil. Juga karya yang berupa desain tata kota, misalnya di Jakarta, Banjarmasi­n, dan Mataram.

Dengan kesibukan seperti itu, dia harus menjaga kebugaran. Misalnya, tidak merokok dan beristirah­at cukup. Selain itu, dia rutin berolahrag­a. Misalnya, berenang seminggu sekali dan bermain basket bersama rekan-rekannya. Sang istri, dr Renie Widiyanti SpOG, kerap mengatur asupan gizinya. ”Checkup berkala sama istri juga,” papar alumnus Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu.

 ?? SONNY HINDARTO FOR JAWA POS ?? ALUMNUS SMAN 5: Sonny Hindarto mulai berkenalan dengan alat musik saat duduk di bangku SMA. Dia juga bergabung dengan band sekolah.
SONNY HINDARTO FOR JAWA POS ALUMNUS SMAN 5: Sonny Hindarto mulai berkenalan dengan alat musik saat duduk di bangku SMA. Dia juga bergabung dengan band sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia