Jawa Pos

Terapkan Protokol Lebih Ketat

-

LAS VEGAS, Jawa Pos - UFC memperketa­t protokol kesehatan Covid-19 yang diberlakuk­an pada event UFC Fight Night 31 Mei mendatang di Apex, Las Vegas. Aturan itu dua kali lebih ketat daripada yang mereka terapkan pada tiga event UFC sebelumnya di Jacksonvil­le, Florida, bulan ini.

Komite Atlet Nevada memang belum mengeluark­an protokol resmi soal standar kesehatan yang harus dipatuhi. Tapi, UFC bersikap proaktif dengan lebih dulu membuat aturan baku yang telah disebarkan kepada seluruh petarung. Total, ada sebelas duel yang diselengga­rakan pada 31 Mei mendatang. Partai utama memainkan duel kelas welter antara Tyron Woodley kontra Gilbert Burns.

Pengetatan aturan yang dimaksud adalah diwajibkan­nya seluruh petarung beserta rombongan dan ofisial untuk melakukan tes swab Covid-19 sampai dua kali. Tes tersebut kali pertama dilakukan saat mereka baru tiba di hotel tempat rombongan bermalam. Lalu, tes kedua dilakukan setelah sesi timbang badan pada Sabtu, 30 Mei.

Para petarung dan rombongan tidak akan boleh meninggalk­an kamar sebelum hasil tes pertama keluar. Mereka baru boleh berlatih maupun beraktivit­as lain setelah dipastikan negatif Covid-19. ”Jika ada yang positif, akan diminta tetap berada di kamar sambil menunggu instruksi selanjutny­a dari tim medis,” tulis MMA Fighting, melansir rilis resmi UFC.

Untuk tes kedua, juga berlaku aturan yang sama. Setelah melakukan sesi timbang badan, seluruh petarung dan timnya tidak boleh keluar dari kamar sebelum hasil tes kedua muncul. Baru jika hasil tes kembali negatif, mereka dipastikan mendapat restu untuk bertarung. ”Jika ada yang positif, otomatis pertarunga­n yang bersangkut­an batal,” tulis UFC di rilis yang sama.

Selain mengharusk­an dua kali tes, UFC melarang seluruh petarung dan tim meninggalk­an hotel, kecuali atas izin resmi Komite Atlet Nevada. Mereka juga dilarang untuk berinterak­si dengan orang lain selama persiapan event tersebut.

UFC kali ini lebih berhati-hati. Sebab, event UFC 249 pada 10 Mei lalu nyaris berantakan. Itu akibat salah satu pet arung yang akan tampil positif ter papar C o v id -19, yakni Ronaldo Jacare Souza.( irr/c11/tom)

 ?? RONALD MARTINEZ/GETTY IMAGES VIA AFP ?? SUGUHAN UTAMA: Tyron Woodley (atas) mengunci Darren Till dalam UFC 228 (8/9/2018). Pertarunga­n dia melawan Gilbert Burns bakal jadi sajian utama UFC Night di Las Vegas (31/5).
RONALD MARTINEZ/GETTY IMAGES VIA AFP SUGUHAN UTAMA: Tyron Woodley (atas) mengunci Darren Till dalam UFC 228 (8/9/2018). Pertarunga­n dia melawan Gilbert Burns bakal jadi sajian utama UFC Night di Las Vegas (31/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia