Jawa Pos

Terinspira­si Format NBA

-

JAKARTA, Jawa Pos – Indonesian Basketball League (IBL) 2020 hampir bisa dipastikan berlanjut. Hal itu melihat kebijakan pemerintah yang mulai melonggark­an pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Penyelengg­ara IBL mencoba beradaptas­i dengan situasi the new normal alias kelaziman baru.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsy­ah menyatakan sudah mempersiap­kan berbagai format yang ideal untuk semua. Sesuai dengan ketentuan pemerintah dan sponsor.

’’Kami sedang menyiapkan prosedur. Seperti latihan dan pemain, staf, serta panitia di lapangan,’’ ungkap Junas kemarin. ’’Kalau untuk penonton, apakah diperkenan­kan atau tidak, ini adalah turunan dari konsep the new normal. Belum ada aturan spesifik. Makna the new normal kan mencoba beradaptas­i,’’ papar dia.

Junas berkaca pada NBA yang melanjutka­n kompetisi dengan mengadopsi format baru. Yakni, mengumpulk­an semua tim di satu tempat. Di sana 30 tim bakal menghabisk­an sisa musim. Mulai berlatih, bertanding, hingga tinggal. Junas juga sudah memikirkan opsi itu. Ada beberapa pilihan kota. Yakni, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Surabaya atau Malang. ’’Kotanya belum ditentukan pastinya dan masih sulit. Keputusan

kan ada di (penyelengg­ara) lokal ya. Kalau di-propose sekarang pasti tidak mungkin,’’ jelas dia. ’’Apalagi, beberapa hari lalu di Jatim angkanya melonjak pesat. Sedangkan lokasi yang potensinya bagus adalah Surabaya,’’ imbuh pria 39 tahun itu.

Di Jateng, lanjut Junas, kondisinya agak membaik. Sementara itu, Jogjakarta juga sangat potensial. ’’Namun, apakah situasi saat ini bakal berlangsun­g seterusnya (baik), itu yang harus diantisipa­si,’’ tambah dia.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SURVEI LOKASI: Guard Pacific Caesar Surabaya Yerikho Tuasela (tengah) dikepung pemain Louvre dalam seri 6 IBL 2020 di DBL Arena (8/3).
ANGGER BONDAN/JAWA POS SURVEI LOKASI: Guard Pacific Caesar Surabaya Yerikho Tuasela (tengah) dikepung pemain Louvre dalam seri 6 IBL 2020 di DBL Arena (8/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia