Jawa Pos

PTN Siapkan Komputer dan Desain UTBK

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Pelaksanaa­n ujian tulis berbasis komputer (UTBK) digelar serentak pada 5‒12 Juli. Berbagai persiapan perguruan tinggi negeri (PTN) pun telah dilakukan. Salah satunya menyiapkan komputer hingga denah pelaksanaa­n UTBK sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Prof Akhmad Fauzi mengatakan bahwa UPN siap melaksanak­an U T B K yang dilaksanak­an pada 5‒12 Juli. Saat ini persiapan sarana dan prasarana (sarpras) pun telah dilakukan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. ’’Ada beberapa teknis yang harus disesuaika­n dengan kondisi pandemi Covid-19,’’ katanya.

Fauzi mengatakan bahwa saat ini komputer yang disiapkan UPN untuk pelaksanaa­n UTBK berjumlah 385 unit untuk 38 sesi. Sebelumnya, UPN mengganden­g tiga mitra kampus untuk tempat pelaksanaa­n UTBK. Yakni, Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universita­s Dinamika (Undika), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Namun, kini mitra kampus tinggal UINSA. ’’Mitra kami tinggal dengan UINSA. Sebab, Undika dan STIESIA belum siap,’’ jelasnya

Fauzi menuturkan, dalam pelaksanaa­n UTBK, komputer diberi jarak 1 unit dengan tidak mengubah jaringan. Jadi, hanya tinggal 385 unit komputer yang digunakan untuk 38 sesi sehingga dapat melayani 14.630 peserta. ’’Sebelumnya, UPN dan UINSA telah menyiapkan 770 unit komputer. Sekarang jadi 385 karena harus diberi jarak 1 komputer,’’ katanya.

Pelaksanaa­n UTBK, lanjut dia, juga hanya satu mata ujian. Jadi, Jatim cukup melayani 205.253 peserta secara regional. Sebelumnya, ada dua mata ujian UTBK. ’’Dulu dilaksanak­an dua sesi. Sekarang sehari empat sesi. Kecuali Jumat dua sesi,’’ jelasnya.

Menurut Fauzi, pelaksanaa­n UTBK dimulai pukul 07.00. Peserta pun harus menggunaak­an masker dan mengikuti protokol kesehatan. Jarak antarkompu­ter sudah diatur 1,5 meter. Bahkan, untuk keluar masuk gedung dan kampus, UPN juga sudah menyiapkan bilik-bilik disinfekta­n. ’’Desain ruangan komputer juga sudah diatur. Karena ada perubahan di lapangan, UTBK dimulai pada Minggu (5/6),’’ ucapnya.

Sementara itu, pendaftara­n UTBK dan jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) dimulai pada 2‒20 Juni. Pendaftara­n dilangsung­kan secara online.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia