Jawa Pos

Lebaran, Konsumsi Daging Sapi Naik Drastis

Untuk Kebutuhan Pribadi, Capai 50 Persen Dibandingk­an Hari Biasa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Konsumsi daging sapi di Kota Surabaya meningkat saat Lebaran. Buktinya, makin banyak sapi yang dipotong di Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Surya, Jalan Pegirian. Jumlah hewan yang disembelih BUMD tersebut naik hingga 50 persen jika dibandingk­an dengan hari biasa.

Berdasar data RPH, jumlah sapi yang disembelih biasanya mencapai 150 ekor per hari. Ada lonjakan sejak H-4 Lebaran. Menjelang hari raya, per hari 220 ekor sapi dipotong.

Plt Dirut RPH Surya Bela Bima menyatakan, pihaknya sudah mengantisi­pasi kenaikan. Salah satu kebijakan RPH, masa libur Lebaran diperpende­k. ’’Jadi, RPH hanya tutup selama dua hari. Kami masih beroperasi pada H-1,’’ kata Bima.

Dia menjelaska­n, RPH mulai beroperasi lagi. Penyembeli­han dilakukan secara normal. Diprediksi, masih banyak sapi yang dipotong. Menurut Bima, kenaikan konsumsi tidak disumbang resto atau hotel seperti tahun lalu.

Peningkata­n penyembeli­han murni karena tingkat konsumsi warga. Banyak yang mengadakan hajatan silaturahm­i saat Lebaran. Mereka ingin ramai-ramai menikmati daging sapi bersama keluarga. ’’Ini yang konsumsi kebanyakan masih warga Surabaya. Hanya sedikit yang dikirim ke luar kota,’’ jelasnya.

Bima mengungkap­kan, daging yang telah dipotongi tidak langsung dikirim ke masyarakat. Daging diambil pedagang-pedagang di pasar tradisiona­l.

Sebelumnya, terjadi penurunan penyembeli­han sapi di RPH. Itulah imbas pandemi Covid-19. Ada penurunan konsumsi daging.

Menurunnya penyembeli­han dipengaruh­i penutupan restoran dan hotel. Banyak rumah makan yang tidak beroperasi. Dampaknya, pembelian dalam jumlah besar berkurang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia