Jawa Pos

Jabon Masih Nol, Porong Satu

Kasus Positif Covid-19 Minim di Kawasan Lumpur Panas

-

SIDOARJO, Jawa Pos ‒ Zona merah kasus Covid-19 semakin meluas di wilayah Kota Delta. Namun, ada satu daerah yang boleh dikata minim kasus. Yaitu, kawasan terdekat semburan lumpur panas. Porong dan Jabon.

Satu-satunya kecamatan yang masih bertahan di zona oranye adalah Kecamatan Jabon. Di wilayah terdampak luapan lumpur panas itu, belum ada warga yang dinyatakan positif Covid-19. Di sana hanya ada status pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Jumlahnya pun tidak sebanyak kecamatan-kecamatan lain. Hingga kemarin sore (26/5), ODP di Jabon berjumlah 27 orang. Empat orang menyandang status PDP. Data tersebut mengacu pada pelaporan yang tercatat pada Senin (25/5).

Selain Jabon, wilayah terdampak lumpur panas yang minim penularan Covid-19 adalah Porong. Bahkan, di kelurahan dan desa yang terdampak langsung, kasus positif sangat sedikit.

’’Satu warga yang konfirm (positif),’’ kata Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarm­an SpPros. Dia merupakan warga Kelurahan Siring. Di Kelurahan Mindi hanya ada seorang ODP. Hal serupa ditemukan di Desa Wunut. Untuk Kelurahan Gedang, terdapat seorang PDP.

Menurut Syaf, minimnya persebaran Covid-19 di wilayah tersebut dipengaruh­i beberapa faktor. Salah satunya warga menerapkan protokol pencegahan dan persebaran virus korona. Selain itu, aktivitas mereka tidak terlalu banyak di luar rumah. Termasuk minimnya pendatang atau warga luar wilayah yang masuk ke sana.

Salah satu wilayah yang terdampak lumpur dengan jumlah warga positif lebih banyak di Kecamatan Tanggulang­in. Di wilayah Gempolsari, terdapat seorang yang berstatus positif Covid-19. Di Kalitengah ada enam orang yang dinyatakan positif. Dua ODP dan dua PDP. ’’Di Ketapang hanya ada seorang ODP,’’ ucap Syaf.

Warga yang dinyatakan positif terpapar virus korona telah mendapatka­n perawatan. Bahkan, pemerintah juga memperhati­kan pemberian makan pada mereka dan keluarga. Termasuk warga yang berstatus PDP. Mereka tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan. Termasuk saat menjalani isolasi mandiri.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MASIH MENYEMBUR: Luapan lumpur panas yang menyembur sejak 28 Mei 2006 telah mengubur sebagian wilayah Kecamatan Porong, Jabon, dan Tanggulang­in. Ratusan ribu jiwa terusir dari tempat tinggalnya. Semburan lumpur panas difoto dari sekitar Jalan Arteri Porong Lama kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS MASIH MENYEMBUR: Luapan lumpur panas yang menyembur sejak 28 Mei 2006 telah mengubur sebagian wilayah Kecamatan Porong, Jabon, dan Tanggulang­in. Ratusan ribu jiwa terusir dari tempat tinggalnya. Semburan lumpur panas difoto dari sekitar Jalan Arteri Porong Lama kemarin.
 ?? GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ??
GRAFIS: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia