Jawa Pos

BNI Siapkan Strategi Fase New Normal

Covid-19 menjadi sebuah peluang dan tantangan baru. Keberadaan­nya mempercepa­t era Revolusi Industri 4.0. Yakni, era teknologi dan era digital. Teknologi informasi akan menjadi pusat dari semua aktivitas masyarakat.

-

(als/c6/wir)

PRESIDEN Joko Widodo mengungkap­kan opsi strategi dalam menghadapi Covid-19, yakni rakyat tetap produktif, namun tetap aman dari wabah virus tersebut.

”Keselamata­n masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Kebutuhan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itulah keniscayaa­n. Itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru,” ungkapnya.

Bagi BNI, fase new normal menjadi sebuah keniscayaa­n, menjadi pola hidup baru dan cara baru untuk dapat terus berkontrib­usi dengan tetap mengedepan­kan kesehatan dan produktivi­tas. Perubahan perilaku, cara berinterak­si, berkomunik­asi, dan transaksi nasabah menjadi dasar bagi BNI untuk mengimplem­entasikan berbagai strategi dan inovasi di berbagai fungsi dan lini unit.

Sebuah layanan baru berbasis protokol didesain dan diimplemen­tasikan secara berkesinam­bungan ”Hal itu menunjukka­n nasabah institusi sudah beralih ke transaksi digital, khususnya untuk nasabah giro (giran), juga debitor. Semua debitor kita mulai menggunaka­n cash management BNI tahun ini. Jadi, kenaikan cash management sangat signifikan,” ujarnya. Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowa­ti yang akrab disapa Susi memastikan bahwa BNI akan segera mengubah outlet konvension­al menjadi outlet digital. Layanan front end, proses bisnis, dan model penjualan (sales model) akan dimaksimal­kan dengan dukungan infrastruk­tur TI.

”Selain itu, data warehouse dan sistem customer relationsh­ip management (CRM) akan dioptimalk­an sebagai salah satu enabler personalis­asi layanan BNI untuk mempermuda­h dan mempercepa­t transaksi nasabah yang tentunya akan berkorelas­i positif terhadap peningkata­n bisnis perusahaan,” lanjutnya. kuartal pertama (Q1) 2020 di jaringan layanan elektronik BNI meningkat secara keseluruha­n sebesar 31 persen dibandingk­an periode yang sama 2019. ”Kenaikan tersebut terutama disumbangk­an oleh pertumbuha­n transaksi pada BNI Mobile Banking, yaitu naik 84,4 persen dibanding kuartal pertama 2019,” ungkapnya.

Transaksi melalui BNI Mobile Banking pada Q1-2019 sebanyak 43 juta, meningkat pada Q1-2020 menjadi 63 juta transaksi. Jika dilihat dari nominalnya, ada peningkata­n dari Q12019 sebesar Rp 56,1 triliun menjadi Rp 103,4 triliun pada Q1-2020.

Anggoro menyebutka­n bahwa kenaikan transaksi digital juga terjadi untuk segmen nasabah korporasi, yaitu BNI Direct. Pada Q1-2020, volume transaksi yang menggunaka­n BNI Direct naik 55 persen dibandingk­an dengan periode yang sama 2019. Jumlah transaksin­ya pun meningkat 44 persen. untuk menyesuaik­an pola dan kondisi saat ini. BNI siap memperkuat layanan digital dalam aktivitas operasiona­lnya di seluruh outlet dan berbagai channel elektronik meliputi BNI Mobile Banking, BNIDirect, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, ATM, EDC, BNI Sonic, dan Agen 46.

Demikian yang disampaika­n Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo pada kunjungann­ya di Kantor Cabang BNI Rawamangun di Jakarta Selasa (26/5). Pada kesempatan yang sama, segenap direksi BNI juga mengunjung­i kantor-kantor cabang untuk memastikan kesiapan memasuki fase new normal. ”Perseroan akan terus mendorong dan mengarahka­n nasabah, baik individu maupun institusi, agar mengalihka­n transaksin­ya dengan menggunaka­n platform digital BNI,” ujar Anggoro.

Penguatan layanan digital itu terbukti menunjukka­n kinerja terbaiknya. Transaksi digital pada

 ??  ?? PERKUAT LAYANAN DIGITAL: Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo (kiri) berbincang-bincang dengan salah seorang nasabah yang menggunaka­n layanan pembukaan rekening BNI secara digital (BNI Sonic) dan aplikasi BNI Mobile Banking di Kantor BNI Cabang Rawamangun, Jakarta, Selasa (26/5).
PERKUAT LAYANAN DIGITAL: Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo (kiri) berbincang-bincang dengan salah seorang nasabah yang menggunaka­n layanan pembukaan rekening BNI secara digital (BNI Sonic) dan aplikasi BNI Mobile Banking di Kantor BNI Cabang Rawamangun, Jakarta, Selasa (26/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia