Jawa Pos

Potensi Besar, Jatim Perlu SOP New Normal

-

WAKIL Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mendukung penuh kebangkita­n pariwisata. Pemerintah provinsi bakal menyalurka­n dana kepada 100 badan usaha milik desa (BUMDes). Sebab, potensi pariwisata Jatim sangat besar. Ke depan, menurut dia, tren pariwisata akan didominasi wisatawan domestik.

Pada Maret lalu kunjungan wisman ke Jatim turun 50,65 persen daripada bulan sebelumnya. ’’Dengan adanya restriksi, kita bisa mengandalk­an wisatawan dari Indonesia. Bahkan, dari orang Jatim,’’ katanya pekan lalu. Saat ini banyak orang Jatim yang melakukan wisata jarak dekat.

’’Pujon (Malang), Magetan, dan Pantai Tiga Warna (Malang) sudah lebih tertata.

Tinggal kita perkuat lagi infrastruk­tur dan protokol pencegahan Covid-19,’’ ungkap Emil. Lokasi wisata yang patuh pada penerapan protokol kesehatan, menurut dia, akan lebih diminati. Sebab, konsumen akan mengutamak­an keamanan dan keselamata­n dalam berwisata.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jatim Gondo Hartono menyebut SOP new normal sebagai pegangan yang harus ada sebelum pariwisata kembali aktif. SOP itu harus meliputi segala bidang. Mulai destinasi wisata, tempat makan, transporta­si, hingga biro perjalanan. Panduan seperti itu juga telah diterapkan di Thailand dan Vietnam.

GIPI Jatim memprediks­i ekowisata menjadi jenis pelesir yang diminati setelah pandemi nanti. ’’Traveling dengan mengombina­sikan alam dan budaya akan menjadi pilihan utama,’’ ujarnya. Sebab, setelah melewati masa sulit seperti sekarang, pelancong akan lebih memperhati­kan protokolpr­otokol yang terkait dengan kesehatan, keamanan, dan kenyamanan dalam pelesir.

Gondo berharap pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya Raya tidak diperpanja­ng lagi. Dengan demikian, perusahaan travel bisa mulai beroperasi. ’’Kalau PSBB sudah selesai, tentu kami akan buka. Tapi, tidak untuk terima tamu dulu, melainkan promosi produk wisata baru dan mempersiap­kan protokol new normal.”

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BREATHTAKI­NG: Pelancong melepas penat di Pulau Pahawang, Lampung Selatan, sebelum pandemi merebak awal tahun ini.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BREATHTAKI­NG: Pelancong melepas penat di Pulau Pahawang, Lampung Selatan, sebelum pandemi merebak awal tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia