Jawa Pos

SSB Sementara Diliburkan

-

MESKI masih berstatus pesepak bola aktif, Joko Ribowo juga memiliki SSB (sekolah sepak bola). Joko Ribowo Football Academy dipilih penjaga gawang PSIS Semarang itu sebagai nama SSB-nya. Saat ini SSB yang didirikan pada 2018 itu memiliki setidaknya 70 siswa.

Mewabahnya pandemi Covid-19 ini memengaruh­i aktivitas SSB milik Joko. Tak mau ambil risiko, apalagi siswanya adalah anakanak, Joko memilih meliburkan sementara SSB miliknya. Padahal, biasanya, dalam seminggu ada tiga kali jadwal latihan di Lapangan Winong, Pati.

’’Untuk saat ini, tidak ada kegiatan sama sekali. Kami mengikuti anjuran pemerintah. Sebagai warga negara yang baik, kami harus mematuhi aturan,’’ ucap pemain 31 tahun tersebut.

Joko mengatakan, tak ada tugas khusus bagi siswa SSB-nya selama diliburkan. Dia paham betul, di usia yang masih dini, anak didiknya tak bisa disamakan dengan pemain profesiona­l yang harus tetap menjaga kondisi. Joko hanya berpesan yang penting tidak lupa cara bermain bola.

’Palingkami­ingatkanme­rekauntuk berolahrag­a ringan. Atau sekadar main-main bola di rumah,’’ ucap mantan kiper Arema FC tersebut.

’’Saya juga tidak bisa memantau itu mereka lakukan apa tidak. Tetapi memang ada beberapa dari mereka yang kirim video latihan di grup WhatsApp SSB,’’ imbuhnya.

Di sisi lain, paham tidak ada kegiatan sama sekali, Joko juga memberikan potongan uang bulanan pada siswanya. Berapa besarannya, Joko mengaku tak ikut menentukan. Semua Joko serahkan kepada bendahara SSB.

’’Kalau saya pribadi tidak mau membebanka­n. Apalagi, saya paham situasinya memang sedang susah. Bendahara yang mengurus. Saya tidak ikut-ikut,’’ ucap Joko.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia