Jawa Pos

Turnamen Invitasi untuk Jaga Kondisi

-

KITZBUHEL, Jawa Pos – Semua agenda ATP maupun WTA memang masih terhenti gara-gara pandemi Covid-19. Namun, para petenis punya cara untuk tetap bisa bertanding. Mereka mengadakan dan mengikuti turnamen invitasi. Meski bukan partai resmi, paling tidak mereka bisa menjaga kondisi. Sekaligus mengobati kerinduan fans menyaksika­n pertanding­an.

Salah satu ajang invitasi yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Thiem’s 7. Sesuai namanya, turnamen itu diadakan oleh bintang Austria Dominic Thiem. Event tersebut akan digelar di Kitzbuhel, Austria. Selain sang host, ada tujuh petenis tunggal putra lain yang akan ambil bagian. Salah satunya adalah petenis nomor sembilan dunia asal Prancis Gael Monfils.

Turnamen itu akan diadakan selama lima hari, yakni 7–11 Juli mendatang. Thiem memilih permukaan lapangan tanah liat. Sesuai musim saat ini. ”Kami ingin membuat pertanding­an sesi pagi dan malam setiap hari,” jelas Florian Zinnagl, direktur turnamen, sebagaiman­a dilansir AFP.

Zinnagl menambahka­n, pihaknya telah bekerja sama dengan stasiun televisi untuk menyiarkan turnamen invitasi itu. Namun, turnamen juga bisa disaksikan oleh penonton dengan jumlah terbatas. Panitia bakal menerapkan protokol kesehatan secara ketat. ”Kami telah berkoordin­asi intensif dengan pemerintah Austria,” tambah Zinnagl.

Turnamen akan diadakan dengan format round-robin. Persis dengan format ajang ATP Finals. Di ajang itu, setiap petenis minimal akan mendapat jatah bertanding tiga kali. Nama enam petenis lain yang akan ambil bagian masih dirahasiak­an. ”Mereka adalah petenis-petenis yang menarik,” ucap Wolfgang Thiem, ayah Dominic Thiem, yang juga menjadi panitia acara.

Thiem, yang kini menduduki peringkat ke-3 dunia, menyiapkan hadiah uang tunai sebesar USD 333 ribu atau Rp 4,8 miliar. Wolfgang menambahka­n, tujuan turnamen itu adalah membantu para petenis menjaga kondisi agar tetap kompetitif. Hal yang sulit didapat jika hanya berlatih sendirian.

 ?? MAURO PIMENTEL/AFP ?? TUAN RUMAH: Dominic Thiem saat tampil di Rio Open (22/2). Dia bakal menggelar turnamen invitasi yang diikuti delapan petenis Juli mendatang.
MAURO PIMENTEL/AFP TUAN RUMAH: Dominic Thiem saat tampil di Rio Open (22/2). Dia bakal menggelar turnamen invitasi yang diikuti delapan petenis Juli mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia