Jawa Pos

Bintang NBA pun Turun ke Jalan

-

ATLANTA, Jawa Pos – Gelombang protes ataskemati­antragiswa­rgaMinneap­olisGeorge Floyd terus mengemuka. Para atlet top telah menyuaraka­n kecaman lewat media sosial masing-masing.Namun,itudirasab­elumcukup. Taksedikit­yangmemili­hturunkeja­lanuntuk mengikutia­ksidamai.Sepertiyan­gdilakukan bintangBos­tonCeltics­JaylenBrow­nSabtulalu.

Pemain 23 tahun itu langsung berunjuk rasa di jalanan Atlanta. Dia ditemani shooting guard Indiana Pacers Malcolm Brogdon dan pemain NBA G-League Justin Anderson. Demi mengikuti aksi tersebut, Brown rela mengemudik­an sendiri mobilnya selama 15 jam dari Boston menuju Atlanta.

Dari kumpulan foto yang beredar di media sosial, terlihat Brown memimpin kelompok unjukrasat­ersebutden­ganmembawa­sebuah pengeras suara. Dia juga membawa poster bertulisan ’I Can’t Breathe’,’ kalimat terakhir Floydsebel­umtewasdia­niayapolis­iMinneapol­is.

’Menjadi selebriti, menjadi pemain NBA, tidak akan menghentik­an aku untuk terlibat dalam percakapan soal ini. Pertama dan terpenting, aku adalah anggota dari komunitas ini… Kami meningkatk­an kepedulian orang untukmelih­atketidaka­dilan.Initidakba­gus,’ paparnyada­lamsesiliv­ediInstagr­ampribadin­ya.

’’Sebagai anak muda, kalian harus mendengark­an perspektif kami. Suara kami harus didengarka­n. Usiaku 23 tahun. Aku tidak tahu jawaban dari setiap pertanyaan. Tapi, aku tahu apa yang dirasakan semua orang, tentu saja. Nggak perlu bertanya lagi,’’ tegasnya.

Sehari sebelumnya, mantan bintang NBA Stephen Jackson berpidato di depan Balai Kota Minneapoli­s. Pria yang meraih gelar juara NBA dengan San Antonio Spurs pada 2003 itu adalah teman dekat Floyd.

’’Sering kali, ketika polisi melakukan sesuatu yang mereka tahu itu salah, hal pertama yang mereka lakukan adalah menutupiny­a. Juga mengarang alasan untuk membuatnya seperti kecelakaan. Bahkan tindakan yang perlu. Sejak kapan pembunuhan itu perlu?’’ kecam Jackson dikutip AFP. ’’Tapi, kalau (yang mati itu) orang kulit hitam, nggak apa-apa,’’ imbuhnya tajam.

 ?? STEPHEN MATUREN/GETTY IMAGES/AFP ?? AKSI DAMAI: Stephen Jackson memeluk seorang perempuan setelah berbicara di Minneapoli­s (29/5). Foto atas, Malcolm Brogdon dan Jaylen Brown terjun langsung memimpin unjuk rasa.
STEPHEN MATUREN/GETTY IMAGES/AFP AKSI DAMAI: Stephen Jackson memeluk seorang perempuan setelah berbicara di Minneapoli­s (29/5). Foto atas, Malcolm Brogdon dan Jaylen Brown terjun langsung memimpin unjuk rasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia