Jawa Pos

Prediksi Recovery di Triwulan Keempat

Risma Peringati HJKS Ke-727 secara Virtual

- SURABAYA,

‒ Tahun ini tidak ada kemeriahan Festival Rujak Uleg serta Surabaya Vaganza. Begitu pula acara makan bareng di Balai Kota serta seremoni lain untuk menyambut peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS). HJKS ke-727 pun dirayakan dengan sederhana di tengah pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i duduk di bawah kanopi Balai Kota kemarin pagi. Dia menyapa warga Surabaya melalui video telekonfer­ensi. Di akhir pembacaan pidatonya, dia mengutarak­an rindu bertemu warga. ’’Sebanyak 10 ribu, bahkan pernah 15 ribu orang, makan bareng di Balai Kota,’’ katanya.

Agenda makan bareng itu sempat tertunda dua tahun terakhir karena peringatan HJKS bertepatan dengan Ramadan. Tahun ini seharusya agenda itu ada lagi. Namun, harapannya kembali kandas karena acara terkendala pandemi Covid-19

Meski begitu, Risma mengajak seluruh warga untuk cepat membiasaka­n diri dengan keadaan.

Risma menerangka­n kondisi sosial dan ekonomi yang merosot akibat pandemi. Penurunan drastis dirasakan pada triwulan kedua dan ketiga. Banyak yang mengalami penurunan pendapatan hingga kehilangan pekerjaan. Namun, menurut dia, Surabaya mulai bangkit pada triwulan keempat.

Menurut dia, Surabaya akan melakukan recovery secara cepat. Sebab, dia melihat warga Surabaya bisa beradaptas­i dengan cepat. Misalnya, di bidang ekonomi. ’’Program pahlawan ekonomi sudah recovery melalui pendekatan digital. Pemasarann­ya

online sejak April 2020,’’ ujar Risma.

Hal yang sudah dilakukan UKM binaan pemkot itu diharapkan bisa diadaptasi seluruh pelaku usaha lainnya. Segala lini kehidupan akan sangat bergantung pada kecanggiha­n teknologi dan informasi.

Surabaya sudah memiliki jaringan infrastruk­tur teknologi itu. Warga diminta memanfaatk­an teknologi untuk kegiatan produktif. Itu merupakan salah satu hal yang harus dipahami dalam new normal. ’’Ke depan kita tidak boleh kaget dengan perubahan. Kita harus berpikir dan berpikir untuk menyelesai­kan berbagai masalah kehidupan,’’ katanya.

Dia meminta warga tidak banyak mengeluh dan mulai mencari peluang di tengah pandemi. Dia menggambar­kan situasi yang terjadi saat ini seperti terbenamny­a matahari yang biasa bersinar. Covid-19 diibaratka­n sebagai kegelapan, memang mengganggu langkah. Namun, perjalanan tidak boleh terhenti.

’’Di saat gelap itu ada rembulan dan bintang yang menuntun kita dalam berjalan. Sekarang tinggal pintar-pintarnya kita saja mencari peluang,’’ tuturnya.

Risma juga menyampaik­an berbagai capaian yang sudah dilakukan selama memimpin Surabaya dua periode. Masa jabatan Risma habis Februari 2021.

Di awal menjabat, pendapatan asli daerah (PAD) yang mayoritas dari sektor pajak mencapai Rp 908 miliar. Di pengujung 2019, PAD mencapai Rp 5,38 triliun. Hampir enam kali lipat.

Sektor pendapatan yang tinggi itu menunjang program pembanguna­n kota. Belanja APBD 2020 pun mencapai Rp 10 triliun lebih. ’’Kami juga bangun tata kelola pemerintah­an berbasis TI secara transparan dan akuntabel melalui aplikasi,’’ ujarnya.

Infrastruk­tur yang ada dianggap bisa memudahkan warga dalam melakukan recovery. Selain itu, Risma menilai sikap gotong royong warga selama Pandemi menjadi aset terkuat yang dimiliki Surabaya untuk bangkit dari situasi.

Jika diperlukan, warga bisa memulai program ketahanan pangan dengan sistem urban farming. Menanam di lahan sempit. ’’Kita bisa menanam ketela, ubi jalar, pisang, dan jagung sebagai pengganti beras apabila dibutuhkan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijon­o juga mengingatk­an warga untuk cepat menyesuaik­an diri. Caranya, disiplin menjalanka­n protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. ’’Ulang tahun kali ini adalah momentum bagi Surabaya untuk menata masa depan yang lebih baik lagi. Kita bahu-membahu, saling bergotong royong, agar bisa melewati masa pandemi ini dengan baik,’’ paparnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TETAP BERKEBAYA: Wali Kota
Tri Rismaharin­i menyampaik­an pidato dalam rangka memperinga­ti Hari Jadi Kota Surabaya Ke-727 di Taman Surya kemarin (31/5).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TETAP BERKEBAYA: Wali Kota Tri Rismaharin­i menyampaik­an pidato dalam rangka memperinga­ti Hari Jadi Kota Surabaya Ke-727 di Taman Surya kemarin (31/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia