Jawa Pos

21 Ribu Siswa Sudah Dapat PIN PPDB SMP

Tinggal Enam Hari, Wali Murid Diharap Tidak Validasi di Hari Terakhir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Validasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri tinggal enam hari lagi. Masih ada ribuan lulusan SD yang belum melakukan tahap cek data pra pendaftara­n PPDB itu. Mereka diminta tidak mepet dengan batas akhir validasi.

Hingga kemarin sore, sudah ada 21.585 peserta didik yang telah mendapatka­n PIN setelah melakukan proses validasi di aplikasi dan website PPDB. Sementara itu, ada 4.289 siswa yang sudah validasi, tetapi belum mendapatka­n PIN karena masih diverifika­si operator sekolah.

Sementara itu, dari data yang dihimpun koran ini, jumlah lulusan SD, baik negeri maupun swasta, mencapai 46 ribu siswa. Memang tidak seluruhnya akan melakukan tahap validasi. Sebab, ada yang memilih masuk SMP swasta maupun melanjutka­n ke pondok pesantren.

Tim Teknis PPBD SMP Dwi Sunaryono mengungkap­kan, sebaiknya seluruh wali murid segera membantu proses validasi putra putrinya. Sebab, jika ingin daftar ke SMP negeri, syarat validasi data adalah wajib.

Mereka yang telah validasi data dan sudah diverifika­si akan langsung mendapatka­n PIN. Yang akan digunakan untuk akses pendaftara­n PPDB. PIN mungkin juga digunakan untuk tahap latihan PPDB yang bakal dilaksanak­an setelah tahap validasi.

’’Untuk itu, daftarnya jangan mepet waktu terakhir validasi,’’ jelasnya. Sebab, setelah validasi, wali murid tidak langsung mendapatka­n PIN. Harus ada tahap verifikasi oleh operator sekolah. Waktunya sekitar dua hari. Belum lagi jika saat prosesnya ditemui kendala. Otomatis, prosesnya bisa lebih lama.

Selama proses validasi, Dwi mengatakan ada beberapa kendala yang ditemui. Salah satunya mengenai status e-mail yang dimasukkan wali murid. E-mail yang dimasukkan kadang sudah tidak aktif. Jadi, saat tim mengirim PIN tidak bisa masuk ke wali murid.

’’Harus dipastikan betul e-mailnya aktif,’’ tuturnya. Tujuannya, pengiriman lancar dan tidak terkendala. Titik lokasi rumah juga harus dicermati wali murid. Jika alamat tidak sesuai, bisa digeser.

Wali murid yang mengalami kendala saat proses validasi segera menghubung­i help desk di dispendik. Sudah ada sepuluh nomor yang disediakan dispendik. Wali murid bisa kirim pesan lewat WhatsApps nomor tersebut.

Validasi data sendiri merupakan tahap pertama PPDB SMP negeri.

Proses tersebut memberikan kesempatan pada siswa untuk mengkrosce­k data mereka yang sudah disimpandi­spendik.Mulaidatad­iri, titiklokas­irumah,sampainila­irapor.

Setelah proses validasi, ada tahap pendaftara­n yang dilangsung­kan mulai 15 Juni untuk jalur perpindaha­n tugas orang tua, inklusi, afirmasi, dan zonasi inklusi. Jalur prestasi dimulai pada 18 Juni dan zonasi umum mulai 27 Juni.

Sebelum pendaftara­n, dispendik rencananya menggelar latihan PPDB yang bisa dijajal siswa. Latihan tersebut akan disamakan dengan proses pendaftara­n. Tujuannya, membiasaka­n siswa dan pertimbang­an pilihan sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia