Jawa Pos

Contoh Kedisiplin­an dari Selat Bali

-

KAPAL itu mampu menampung 200 orang. Tapi, di hari-hari ini, dibatasi bahkan tak sampai 50 persen dari kapasitas.

Berbagai fasilitas pendukung protokol kesehatan juga tersedia di KMP Dharma Rucitra yang melayari rute Selat Bali itu. Di atas kapal, juga disediakan tenaga medis untuk melakukan pemeriksaa­n dan penanganan awal jika ditemukan gejala awal Covid-19 pada pengguna jasa

”Kami juga menyediaka­n ruang isolasi khusus di atas kapal jika sewaktu-waktu ada pelanggan yang terdapat indikasi dan gejala Covid-19,” kata Sunaryo, salah seorang manajer cabang operator kapal penyeberan­gan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur)-Gilimanuk (Jembrana, Bali), kepada minuman tradisiona­l, jus buah, vitamin C dan E,” jelasnya.

Kedisiplin­an di atas Selat Bali yang menghubung­kan Pulau Jawa dan Bali itu mewakili geliat serupa di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Timur dalam menyongson­g new normal. Meski, secara provinsi, Jatim masih harus bekerja keras menekan pertambaha­n kasus positif Covid.

Di luar kapal penyebaran­gan tadi, skema kelaziman baru di sektor wisata telah pula disusun atau disiapkan. Pacitan, kabupaten di ujung selatan Jatim, misalnya akan membuka kembali destinasi wisata mereka pada 18 Juni. Adapun Banyuwangi, kabupaten di ujung timur Jatim, bahkan sudah ditunjuk pusat sebagai model re-opening stage tourism (tahapan pembukaan kembali turisme) di era kelaziman baru.

Kabupaten dan Kota Malang serta Kota Batu juga baru saja selesai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hasilnya cukup signifikan. Angka pertambaha­n kasus berkurang. Selain itu, komunitas dan masyarakat memiliki kepedulian dan keterlibat­an dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Karena itu, tiga daerah tersebut masuk masa transisi selama 14 hari. Masa tersebut akan dievaluasi. Targetnya, kasus positif di tiga wilayah tersebut melandai. Setelah masa itu selesai, Malang Raya akan menerapkan new normal.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap pencapaian PSBB harus dipertahan­kan. Bila masa transisi dinilai gagal, status daerah bisa kembali ke PSBB. “Karena itu, semua pihak harus menjunjung tinggi kesadaran untuk mencegah penyebarta­n Covid-19,” kata Khofifah di Surabaya kemarin.

Jatim kemarin mencatat pertambaha­n 72 kasus positif Covid-19. Jadi, total di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa tersebut, tercatat 4.920 kasus positif.

Untuk turut menekan angka pertambaha­n kasus itu, Pangdam V/Brawijaya bersama Polda Jatim membentu Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgubta­p). Komando ini dipimpin Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo. Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil menjadi wakil dari panglima tersebut.

’’Target tugas komando ini adalah operasi kedisiplin­an,’’ kata Kapendam V/Brawijaya Kolonel (arm) Imam Haryadi.

Dia menjelaska­n, nantinya personel TNI dan Polri akan disebar di berbagai titik. Utamanya, pusat keramaian di semua wilayah di Jawa Timur.

Mereka akan memantau masyarakat yang tidak memenuhi standar protokol pencegahan Covid-19. ‘’Pertimbang­an pelaksanaa­n tugas ini adalah jumlah kasus positif dan angka kematian cukup tinggi,’’ ujarnya.

Warga yang tidak mengindahk­an standar protokol pencegahan Covid-19 akan ditindak. Mereka akan diminta untuk memenuhi standar tersebut atau diserahkan kepada pihak yang menangani. Langkah tersebut untuk mewujudkan disiplin di masyarakat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia