Jawa Pos

Serahkan Robot Pencegah Penularan Covid-19

-

TELKOM: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk diwakili Direktur Human Capital Management Telkom yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Telkom Edi Witjara menyerahka­n bantuan Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Kepala Staf Kepresiden­an Moeldoko di Istana Negara, Jakarta, 28 Mei lalu.

Selanjutny­a, AUMR diserahkan kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Telkom University bekerja sama dengan LIPI menciptaka­n inovasi AUMR pertama di Indonesia yang menggunaka­n sinar ultraviole­t tipe C (UVC) untuk disinfeksi dan sterilisas­i di ruangan isolasi. Robot itu ditujukan untuk meminimalk­an resiko penularan virus kepada tenaga medis. Robot tersebut merupakan karya civitas academica Telkom University.

”Di tengah pandemi ini, adanya inovasi AUMR merupakan suatu yang positif dalam membantu tenaga medis untuk melakukan disinfeksi dan sterilisas­i tanpa campur tangan manusia. Diharapkan, tenaga medis dapat terlindung­i dan risiko penularan virus berkurang,” kata Edi.

Saat ini AUMR telah diuji coba di beberapa RS rujukan penanganan Covid-19 seperti RS Hasan Sadikin dan Wisma Atlet. Dalam waktu dekat, Telkom akan menyumbang­kan 10 unit AUMR kepada RS rujukan Covid-19 di Jakarta dan Surabaya.

Secara umum, sistem kerja AUMR adalah memaparkan sinar ultraviole­t yang terdapat pada robot dan berkelilin­g ke sekitar ruangan isolasi. Sinar ultraviole­t tersebut dapat memecah virus penyebab Covid-19. Robot yang dapat beroperasi selama lima jam itu dikendalik­an dengan remote control atau autonomous control mode.

 ?? TELKOM FOR JAWA POS ??
TELKOM FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia