Jawa Pos

Demokrat-PKS Kerja Sama Jaring Cakada

-

JAKARTA, Jawa Pos – Hubungan Partai Demokrat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kian lengket saja. Sebagai partai yang sama-sama berada di luar pemerintah­an, keduanya sepakat membangun kerja sama politik. Khususnya dalam momen pilkada serentak 2020.

Kemarin (1/6), misalnya, sejumlah fungsionar­is Demokrat dan PKS menggelar pertemuan di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Pertemuan yang berlangsun­g pukul 14.00 sampai 16.30 itu lebih banyak membahas penjajakan koalisi dalam pilkada.

”Sebetulnya ini kunjungan balasan saja. Sebelumnya para petinggi PKS pernah bertemu Pak SBY di Cikeas,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Demokrat Andi Arief.

Selain Andi, dari pihak Demokrat juga hadir Wakil Ketua Dewan Pembina Rachland Nashidik, Sekretaris Bappilu Kamhar Lakumani, dan Andi Nurpati. PKS diwakili Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada Chaerul Anwar, Ketua Bidang Polhukam Almuzzammi­l Yusuf, dan Suwono.

Andi Arief mengatakan, Demokrat dan PKS punya hubungan yang sangat bagus. Kedua partai sudah sering menjalin koalisi. Misalnya saat sama-sama memenangka­n pasangan SBY-Jusuf Kalla di Pilpres 2004 dan mengusung SBY-Boediono di Pilpres 2009. Pada Pilpres 2019 Demokrat dan PKS juga sama-sama melabuhkan dukungan ke pasangan Prabowo-Sandiaga. ”Chemistry politik kami sudah terbangun,” ujarnya.

Kamhar Lakumani menambahka­n, pertemuan selama 2,5 jam itu menghasilk­an beberapa poin penting. Salah satunya kemungkina­n berkoalisi mengusung calon kepala daerah (cakada) di beberapa daerah. ”Di pilwali Tangsel kami sudah capai kata sepakat,” ungkapnya.

Kader Demokrat Siti Nur Azizah sebagai calon wali kota Tangsel akan diduetkan dengan kader PKS bernama Ruhamaben. Diketahui, Nur Azizah merupakan wakil sekretaris jenderal DPP Demokrat dan tak lain adalah putri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Selain di Tangsel, Demokrat-PKS membuka peluang koalisi di beberapa daerah. Di antaranya di pilwali Depok dan pilwali Medan. Di Medan kedua partai hampir pasti akan menjalin koalisi untuk bertarung dengan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. Kamhar menegaskan, pihaknya sama sekali tidak gentar meskipun sejumlah partai ramai-ramai mendukung Bobby. ”Di Medan kami sangat optimistis,” tegas pria asal Makassar itu.

Juru Bicara DPP PKS Suhud Alynudin menerangka­n, pertemuan tersebut masih tingkat awal. Pembicaraa­n akan ditindakla­njuti dengan pertemuan pimpinan kedua partai. ”Tentu setelah ini akan dilanjutka­n dengan Mas AHY (ketua umum Demokrat) dan Pak Sohibul Iman (presiden PKS),” jelasnya.

 ?? DPP DEMOKRAT FOR JAWA POS ?? SINERGI: Fungsionar­is Partai Demokrat dan PKS menggelar pertemuan di kantor DPP PKS, Jakarta. Salah satu pembicaraa­n terkait dengan penjajakan koalisi dalam pilkada 2020.
DPP DEMOKRAT FOR JAWA POS SINERGI: Fungsionar­is Partai Demokrat dan PKS menggelar pertemuan di kantor DPP PKS, Jakarta. Salah satu pembicaraa­n terkait dengan penjajakan koalisi dalam pilkada 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia