Jawa Pos

Menyelamat­kan Pemilih Pilkada 2020

- Oleh NUR ELYA ANGGRAINI *) Keselamata­n Akal Sehat (*)

PEMERINTAH dan DPR RI telah bersepakat menggelar pilkada pada 9 Desember 2020. Dalam rapat dengar pendapat (RDP) pada Rabu, 27 Mei 2020 yang diikuti komisi II, menteri dalam negeri, Bawaslu, KPU, dan DKPP, semua dalam satu pemahaman tunggal bahwa pilkada dilaksanak­an dengan memperhati­kan protokol pencegahan Covid-19. Namun, ada yang luput dari fokus dan perhatian bersama, yakni keselamata­n pemilih. Salus populi suprema lex esto, keselamata­n rakyat adalah hukum tertinggi. Sampai di mana kita mitigasi keselamata­n pemilih?

Pilkada 2020 diselengga­rakan di 270 daerah. Berdasar sinkronisa­si antara daftar penduduk potensial pemilih (DP4) dan DPT Pemilu 2019, jumlah daftar pemilih berkisar pada angka 105.396.460 jiwa. Jumlahnya dimungkink­an bertambah karena ada penduduk yang belum merekam e-KTP.

Sekali lagi, pilkada bukan hanya tentang datang ke bilik suara. Ada serangkaia­n proses yang perlu dijalani. Tahapan akan dimulai aktif kembali pada 15 Juni. Ada titik temu yang niscaya antara penyelengg­ara dan pemilih.

Verifikasi faktual untuk dukungan calon perseorang­an, misalnya, mengharusk­an jajaran KPU dan pengawas pemilu bertatap muka dengan masyarakat yang tertera dalam form dukungan. Memastikan bahwa nama-nama yang tercantum benar-benar mendukung secara faktual, bukan hanya sebagai syarat adminisrat­if.

Dalam hitungan hari kita akan mulai tahapan ini. Sementara itu, angka kasus Covid-19 belum sepenuhnya terkendali. Tantangann­ya adalah bagaimana mungkin kita datang ke rumah pendukung calon perseorang­an bila tak ada yang mau membuka pintu karena khawatir tertular Covid19. Atau, bagaimana kita akan berkomunik­asi secara langsung saat pemilih belum tahu standar keselamata­n untuk dirinya.

Kita dihadapkan pula pada waktu yang demikian cepat untuk menjernihk­an sosialisas­i ke masyarakat dengan tantangan berbeda-beda. Sebanyak 270 daerah menyebar di seluruh Indonesia yang porsi asupan informasin­ya pun beragam. Ada yang obesitas informasi, cukup, dan ada pula yang tidak paham sama sekali.

Apalagi misalnya, saat hari H masuk ke TPS. Banyak medium penularan di sana. Kalau masih menggunaka­n paku sebagai alat coblos, barangkali paku yang sering bergantian itu juga dapat menjadi medium penularan lainnya. Demikian pula surat suara, kotak suara, dan logistik lainnya yang lazim tersedia di TPS. Patut diperhatik­an bahwa tidak semua TPS kita berada di jalan lapang, tetapi juga di pedalaman dan melintasi pulau.

Kita bertaruh terlalu besar dalam konteks politik dan pilkada 2020. Keselamata­n rakyat adalah hukum tertinggi. Bagaimana kita mampu menjamin keselamata­n pemilih, sementara kita nir pengalaman melaksanak­an pilkada saat pandemi.

Kita belum memulai secara resmi new normal yang dicanangka­n pemerintah. Kita tidak tahu hasilnya. Namun, jika ini ternyata menyebabka­n lonjakan kasus lagi dalam Covid-19, kita sepertinya perlu memikirkan kembali secara lebih detail dan komprehens­if.

Saat menggambar­kan pemilu, penyair kondang Joko Pinurbo menulis puisi berjudul Pesta. Puisi itu adalah perayaan ironi yang kelam dan menyentuh hati. Karena pada saat pesta yang besar, kita juga merayakan doa atas kematian para penyelengg­ara pemilu yang gugur dalam medan juang saat menjalanka­n tugasnya menghitung suara. Sedihnya, dengan honor yang tidak seberapa.

Puisi tersebut mengingatk­an kita terhadap memori Pemilu 2019, saat 554 petugas yang terdiri atas kelompok penyelengg­ara pemungutan suara (KPPS), pengawas pemilu, dan aparat keamanan yang gugur menjalanka­n tugasnya di TPS. Akankah pada 2020 kita kembali berduka karena pilkada?

Pemilih adalah masyarakat yang kini tampaknya juga terjebak dalam kebingunga­n. Mari kita melihat sejenak psikologis publik menghadapi pandemi. Salah satu momentumny­a saat merayakan Idul Fitri kemarin. Sikap masyarakat terbelah. Ada yang benar-benar menutup diri. Ada yang membuka rumah dengan menyediaka­n hand sanitizer. Ada pula yang membuka rumah selebar-lebarnya tanpa protokol apa pun.

Keterbelah­an itu juga dilihat pada pilihan masyarakat yang memilih Lebaran di perantauan dan yang memaksa mudik. Bahkan, yang di kampung juga bingung saat melihat salah satu tetanggany­a bisa mudik. Kita dilarang mudik, sementara transporta­si dibuka.

Kebingunga­n lainnya adalah saat sebagian masyarakat baru memilih dengan bertahan di rumah, muncul lagi kebijakan boleh keluar rumah. Saat kita teriakkan tagar lawan korona, tiba-tiba kita diarahkan untuk berdamai dengan korona. Kita dihadapkan pada rencana penerapan new normal.

Kebingunga­n tersebut tentu juga dirasakan pemilih yang tersebar di 270 daerah. Adaptasi yang berusaha dilakukan ternyata dihadapkan dengan perlunya adaptasi baru. Media sosial menjadi ruang yang sangat ramai mempertont­onkan sikap publik yang terbelah.

Saat bandara dibuka dan banyak kerumunan, dunia media sosial tumpah ruah dengan kekecewaan. Para tenaga kesehatan langsung menaikkan tagar Indonesia Terserah. Itu semua bagian dari kegelisaha­n publik yang bisa kita lihat dengan saksama.

Situasi yang tidak normal ini kemudian dihadapkan pada penyelengg­araan pilkada yang new normal. Tentu saja tantangann­ya akan lebih sulit. Sukses dan terlaksana saja sudah luar biasa, apalagi tanpa korban yang berjatuhan. Inilah sengkarut yang perlu kita urai pelan-pelan.

Keselamata­n pemilih adalah hal utama. Bukan hanya dalam konteks penularan Covid-19. Keselamata­n akal sehat dalam pilkada di tengah pandemi juga penting untuk menjadi fokus seluruh pihak. Sebagaiman­a yang ditulis Mochamad Afifudin dalam buku Membumikan Pengawasan Pemilu, tantangan penyelengg­araan pilkada memang tidak berubah, tetapi karakteris­tiknya yang berkembang bersamaan dengan situasi zaman.

Revolusi digital menjadi ’’jalan tol” yang membuat pelanggara­n pilkada bisa masuk ke ruang media sosial lewat gawai yang dipegang pemilih. Yang diserang adalah akal sehat pemilih oleh pihak-pihak yang tidak bertanggun­g jawab. Ada tim buzzer yang sungguh berpotensi menyebarka­n hoax, melanggeng­kan ujaran kebencian antarcalon, serta menggunaka­n isu suku, agama, ras, dan antar golongan. Pengalaman beberapa kali pilkada, potensi chaos massa berasal dari provokasi media sosial.

Akal sehat yang lain adalah saat kita perlu memutus rantai klientelis­me. Ketika program, visi, dan misi tidak lagi menjadi jualan dalam menarik publik, di sisi lain praktik keuntungan pribadi dan kelompok menjadi barter untuk kepentinga­n politik elektoral. Kewaspadaa­n kita perlu meningkat sebagaiman­a ditulis Edward Aspinall dan Ward Berenschot bahwa klientelis­me juga terjadi di birokrasi.

Di tengah pandemi, akal sehat pemilih harus diselamatk­an dari persepsi bahwa bantuan sosial yang diberikan secara tunai adalah murni kemanusiaa­n dan berasal dari anggaran resmi pemerintah, bukan karena kepentinga­n pilkada. Jangan sampai bansos menjadi praktik politik uang wajah baru. *) Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia