Jawa Pos

Membeludak, Layanan Rapid Test Dialihkan ke Klinik

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Warga Jatim yang hendak menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang tengah dibuat pusing. Sebab, ada banyak syarat agar bisa masuk Pulau Dewata. Salah satunya adalah kewajiban menjalani rapid test Covid-19.

Hanya, pemkab memutuskan tidak menyediaka­n layanan rapid test atas permintaan sendiri (APS) di rumah sakit maupun layanan kesehatan pelat merah. Penyebabny­a, pemkab masih berfokus menangani para pasien yang terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Widji Lestariono menegaskan, rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun fasilitas kesehatan (faskes) milik pemkab tidak melayani pemeriksaa­n rapid maupun swab test APS. ’’RSUD masih berfokus pada upaya penanganan dan pemeriksaa­n pasien-pasien Covid-19, baik warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), tracing kontak, maupun pasien,’’ jelas pria yang karib disapa Rio tersebut kemarin (1/6).

Kebijakan itu membuat rumah sakit maupun klinik swasta di Banyuwangi diserbu pemohon rapid test. Bahkan, sejumlah antrean terlihat. Mayoritas adalah para pemudik yang hendak pergi ke Bali.

Hanya, mereka harus siap-siap merogoh kocek cukup dalam. Sebab, sejumlah layanan kesehatan mematok tarif tinggi untuk rapid test. Mulai Rp 350 ribu sampai Rp 475 ribu. Bahkan, ada yang lebih.

Namun, tidak sedikit pula calon pemudik yang berkeberat­an. Tidak sedikit yang memilih menunda keberangka­tan. ’’Selain saya, banyak yang bingung mau menyeberan­g,’’ ucap Romi, 30, warga Kecamatan Gambiran.

 ?? RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? TAMBAH KETAT: Penumpang kapal di Pelabuhan Ketapang harus menjalani protokol ketat. Baik saat masuk pelabuhan maupun ketika sudah berada di dalam kapal.
RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI TAMBAH KETAT: Penumpang kapal di Pelabuhan Ketapang harus menjalani protokol ketat. Baik saat masuk pelabuhan maupun ketika sudah berada di dalam kapal.
 ?? RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? 30 MENIT TUNTAS: Warga yang hendak pergi ke Bali antre mengurus surat keterangan rapid test di salah satu klinik kemarin.
RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI 30 MENIT TUNTAS: Warga yang hendak pergi ke Bali antre mengurus surat keterangan rapid test di salah satu klinik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia