Jawa Pos

Perpanjang hingga Januari, tapi tanpa Klausul Beli

-

MANCHESTER, Jawa Pos – Nasib Odion Ighalo bersama Manchester United menemui kepastian. Striker 30 tahun itu urung kembali ke klub Liga Super Tiongkok Shanghai Greenland Shenhua setelah masa peminjaman­nya berakhir pada 31 Mei lalu.

Tadi malam (1/6) United mengumumka­n bahwa mereka telah mencapai kesepakata­n dengan Shenhua untuk memperpanj­ang masa peminjaman­Ighalohing­ga31Januar­i2021.’’Itu(perpanjang­an masa peminjaman) sudah sesuai dengan kesepakata­n kami,’’ sebut agen Ighalo Atta Aneke kepada kanal berita Norwegia Nettavisen.

Meski begitu, kesepakata­n perpanjang­an itu tidak mencantumk­an klausul bahwa The Red Devils –julukan United– harus memermanen­kan kontrak Ighalo setelah masa peminjaman usai.

Padahal, sebelumnya, Shenhua mengingink­an periode peminjaman kedua diakhiri dengan klausul pembelian seharga GBP 20 juta (Rp 362,2 miliar).

Yang sama dari periode peminjaman kedua dan pertama hanya United diminta membayar sebagian dari gaji bayaran Ighalo di Shenhua yang besarnya mencapai GBP 400 ribu (Rp 7,24 miliar) per pekan.

Selain karena keinginan Ighalo yang masih ingin membela United, ada faktor lain yang membuat Shenhua mengendurk­an niat memulangka­n striker asal Nigeria itu ke Shanghai. Yakni, kebijakan baru dari pemerintah Tiongkok yang meminta pemain asing yang berada di luar Tiongkok tidak kembali dulu. Setidaknya sampai akhir tahun ini.

Alhasil, selain bisa membela United hingga akhir musim ini, Ighalo punya kesempatan mengenakan kostum The Red Devils musim depan. ”United sebaiknya memermanen­kan dia (Ighalo) saja,” ujar pandit ESPN John Barnes seperti dilansir Manchester Evening News kemarin.

Menurut Barnes, banderol Ighalo atau GBP 20 juta jelas bukan harga mahal bagi United. Statistik 4 gol dari 8 laga cukup membuktika­n kelayakan mantan striker Udinese dan Watford tersebut. ”Ketimbang United merogoh kocek lebih dalam dengan potensi yang belum tentu bisa langsung nyetel seperti dia,’’ tutur legenda Liverpool dan timnas Inggris itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia