Jawa Pos

Hari Ini Syaifuddin Mulai Jalani Latihan di Gym

Setelah Enam Pekan Operasi ACL Lutut Kanan

-

SURABAYA, Jawa Pos – M. Syaifuddin melakukan operasi ACL lutut kanan pada 18 April lalu. Artinya, sudah enam pekan bek Persebaya Surabaya itu melakukan proses recovery. Lantas, bagaimana perkembang­annya?

Pemain 27 tahun itu mengaku kondisi lututnya mulai membaik. ’’Alhamdulil­lah sudah bisa jalan dengan normal,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Syaifuddin bahkan sudah bisa mengendara­i mobil sendiri. Termasuk motor maupun sepeda. ’’Sudah bisa naik kendaraan sejak minggu ketiga setelah operasi,’’ jelas bapak satu anak tersebut. Hanya, ada beberapa gerakan yang belum bisa dilakukan. ’’Kalau (lutut) diangkat masih agak sakit,’’ tambahnya.

Beruntung, Syaifuddin kini tidak sendirian dalam melakukan proses recovery. Dia mulai didampingi tim fisioterap­is Persebaya. ’’Tim fisioterap­is datang ke rumah,’’ kata pemain jebolan tim internal Al Rayyan tersebut. Nyaris setiap hari proses recovery dengan tim fisioterap­is dilakukan. ’’Bisa lima sampai enam kali dalam seminggu,’’ jelasnya. Karena di rumah, proses recovery belum maksimal. Maklum, melakukan latihan di rumah membuat metode latihan kurang lengkap. Sebab, tidak ada alat kebugaran untuk menunjang proses recovery tersebut. Padahal, jika alat kebugaran lebih lengkap, proses recovery bisa berjalan lebih cepat. Idealnya, proses recovery dilakukan di gym atau pusat kebugaran. ’’Tapi, belum ada yang buka. Masih pada tutup,’’ katanya. Melihat kondisi itu, pihak keluarga memberikan dukungan.

’’Ayah saya sempat mau membelikan alat kebugaran buat Mas Syaifuddin untuk recovery di rumah. Karena ingin menantunya cepat sembuh,’’ kata sang istri, Zulfida Rahmani.

Tapi, keinginan itu kemudian diurungkan. Sebab, Zulfida maupun Syaifuddin menilai hal itu sangat tidak ideal. ’’Harganya kan lumayan mahal. Tapi cuma dipakai sebulan atau dua bulan saja,’’ tambah Zulfida. Solusinya, mulai hari ini, Syaifuddin akan melakukan recovery di gym. Sejatinya, program berlatih di gym dibuat sebelum Lebaran, tapi baru terealisas­i hari ini. ’’Selama ini ya pakai (latihan) beban sebisanya,’’ ujar Syaifuddin.

Ketika Syaifuddin mulai menjalani recovery di gym, seluruh penggawa Green Force –julukan Persebaya– masih diliburkan. Mereka baru akan kembali berlatih online pada pekan depan. Meski libur, tim pelatih berharap pemain bisa menjaga kondisi fisiknya. Terutama agar tidak overweight pasca-Lebaran.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PROGRES BAGUS: M. Syaifuddin mengalami perkembang­an positif setelah menjalani operasi.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PROGRES BAGUS: M. Syaifuddin mengalami perkembang­an positif setelah menjalani operasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia