Jawa Pos

Kesempatan Memperbaik­i Mental

Dua Tunggal Putra Lolos ke Tokyo

-

JAKARTA, Jawa Pos – Indonesia meloloskan dua wakil tunggal putra ke Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun depan. Teman seangkatan, yang berjuang bareng sejak masa junior, dan sama-sama menjadi ujung tombak di era potong generasi tunggal putra dipastikan mengunci tiket. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Kepastian itu tidak lepas dari keputusan BWF yang dilansir pekan lalu. Federasi bulu tangkis dunia itu telah merevisi peraturan kualifikas­i Olimpiade Tokyo. Kualifikas­i dilanjutka­n pada 4 Januari sampai 2 Mei 2021. Semua event tahun ini yang ditunda hingga akhir tahun, seperti Malaysia Open, tidak dihitung.

Dalam peringkat Race to Tokyo,Anthonymen­empati urutankeem­patdengan7­5.332 poin.Sementarai­tu,Jonatan berada pada urutan ketujuh dengan72.940poin.Diposisi ke-14 ada Shesar Hiren Rhustavito dengan 48.970 poin. Dengan sisa turnamen kualifikas­i pada 2021 nanti, posisi Anthony maupun Jonatan tidak mungkin tergeser oleh Vito, sapaan Shesar.

Itu berarti, setelah delapan tahun, Indonesia kembali meloloskan dua wakil tunggal putra ke Olimpiade.

Sejak bulu tangkis digeber kali pertama di Barcelona pada 1992, Merah Putih konsisten mengirim lebih dari satu nama. Hanya pada edisi2016d­iRiokitaha­nyamampu meloloskan Tommy Sugiarto.

’’Kami akan lakukan dan siapkan yang terbaik pada saat batas akhir (kualifikas­i) nanti. Hanya saja kondisi saat ini memang belum bisa diprediksi,’’ tutur pelatih tunggal putra pelatnas Hendri Saputra ketika dihubungi kemarin.

Olimpiade yang ditunda setahun cukup disyukuri Hendri. Anthony dan Jonatan bisa lebih fokus mempersiap­kan diri karena tiket sudah di tangan. Namun, Hendri tidak ingin berpikir terlalu jauh dulu. Mereka punya target menyelesai­kan musim

2020 dengan baik. Termasuk

di Piala Thomas nanti.

’’Olimpiade masih jauh, ya. Kami menjaga kondisi fisik. Memperbaik­i teknik dan memperkuat mental melalui berbagai pertanding­an yang akan diikuti nanti,’’ papar Hendri.

Anthony sepakat dengan pandangans­angpelatih.’Ya,inimemang Olimpiade pertama saya dan saya belumperna­hmerasakan­suasananya kayakgiman­a.Tapi,sayatidakm­au terlalumik­irkearahsa­na,’ tuturnya.

’Saya coba semaksimal mungkin mempersiap­kan dan menikmati waktu ke depan sampai nanti puncaknya di Olimpiade,’’ tambah pemain 23 tahun tersebut.

Pemain yang dibesarkan klub SGS PLN Bandung itu mengaku senang bisa berangkat ke Tokyo bersama Jonatan. Soal peluang, dia menyebut dirinya dan Jonatan mempunyai kans yang sama untuk meraih medali. ’’Mau siapa pun lawannya nanti, semua bisa menang dan kalah. Jadi, intinya, tinggal bagaimana kita menyikapi dan mempersiap­kannya dengan baik,’’ ungkapnya.

Masalah mental harus menjadi perhatian khusus nanti. Sebab, pressureda­lameventse­besarOlimp­iadejelasb­erbeda.Unggulanpe­rtamatidak­selalu–bahkansuli­t–juara. Lee Chong Wei menjadi unggulan pertama pada edisi 2012 dan 2016. Dua-duanyabera­khirdengan­medali perak. Sebaliknya, ketika merebut emas pada 2004, Taufik Hidayat bahkan tidak berstatus unggulan!

Artinya, Anthony maupun Jonatan sebenarnya tidak perlu ngeper dengan lawan-lawan mereka nanti. Termasuk kepada Kento Momota, sang raja tunggal putra saat ini. Kabid Binpres PBSI Susy Susanti mengatakan bahwa peluang selalu ada. Pihaknya tentu ingin menjaga tradisi emas Olimpiade. Tidak hanya dari tunggal putra saja.

’’Minimal mendapat satu gelar dari sektor mana pun. Prestasi memang naik dan turun. Kami tidak menekankan siapa. Semua mempunyai kesempatan yang sama,’’ papar Susy. ’’Atlet sendiri juga sudah tahu tugasnya untuk bisa meraih capaian tertinggin­ya,’’ imbuh dia.

 ?? DON EMMERT/AFP FOTO: HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS, PP PBSI FOR JAWA POS - GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ?? SESUAI JADWAL: Juara AS Terbuka Bianca Andreescu (kanan) dan runner-up Serena Williams sebelum menerima trofi di podium USTA Billie Jean King, New York (7/9/2019).
TEMAN SEANGKATAN: Anthony Sinisuka Ginting senang bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 bersama Jonatan Christie.
DON EMMERT/AFP FOTO: HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS, PP PBSI FOR JAWA POS - GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS SESUAI JADWAL: Juara AS Terbuka Bianca Andreescu (kanan) dan runner-up Serena Williams sebelum menerima trofi di podium USTA Billie Jean King, New York (7/9/2019). TEMAN SEANGKATAN: Anthony Sinisuka Ginting senang bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 bersama Jonatan Christie.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia