Jawa Pos

Carter Pesawat, Kurangi Hakim Garis

- NEW YORK,

Jawa Pos – Sejak kalender tenis dihentikan Maret lalu, dua turnamen grand slam tidak berjalan sesuai dengan rencana. Prancis Terbuka diundur dari Mei ke September. Sementara Wimbledon, untuk kali pertama sejak 1945, dibatalkan. Nah, satu grand slam lagi, yakni Amerika Serikat (AS) Terbuka, masih diusahakan bisa digelar sesuai dengan jadwal.

Penyelengg­ara grand slam lapangan keras itu mengumumka­n bahwa turnamen start tetap 31 Agustus mendatang. Meski, syaratnya mereka harus berusaha keras menyesuaik­an dengan protokol penanggula­ngan Covid-19.

’’Kami memang belum membuat keputusan apa pun. Semua persiapan masih berdasar jadwal awal. Dan sejauh ini berjalan lancar,’’ papar Stacey Allaster, chief executive Asosiasi Tenis AS, penyelengg­ara AS Terbuka, seperti dikutip ESPN. ’’Saat ini 150 persen fokus kami adalah menciptaka­n lingkungan aman di area Billie Jean King Tennis Center,’’ imbuhnya.

Allaster menjelaska­n, mereka sudah menyiapkan berbagai aturan baru untuk yang sesuai dengan protokol Covid-19. Di antaranya, seluruh petenis dan tim harus mengantong­i hasil tes nonreaktif Covid-19 sebelum terbang ke AS. Selain itu, penyelengg­ara akan melakukan tes kesehatan harian, yakni cek suhu badan serta tes antibodi.

Panitia AS Terbuka juga berencana menyewa pesawat untuk mengangkut rombongan petenis yang berasal dari Eropa, Amerika Selatan, maupun Asia. Mereka akan diterbangk­an langsung ke John F. Kennedy Internatio­nal Airport New York. Dengan begitu, risiko atlet terpapar Covid-19 dalam perjalanan bisa dikurangi.

Selain itu, AS Terbuka bakal mengurangi jumlah hakim garis. Sebagai pengganti, mereka bakal memaksimal­kan teknologi yang sudah ada, yakni line-calling technology. Meski, Allaster juga mengakui pergantian hakim garis dengan alat elektronik itu masih menjadi perdebatan. Masih banyak yang meragukan akurasinya.

Untuk tim pemungut bola, tidak ada anak-anak seperti biasa. Semua diganti orang dewasa. ’’Memang akan banyak perubahan. Tapi, kami berusaha memastikan bahwa integritas turnamen ini tetap terjaga di level tertinggi,’’ tegas Allaster.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia