Jawa Pos

GP Jepang pun Batal

-

MOTEGI, Jawa Pos – Kondisi darurat pandemi Covid-19 membuat MotoGP harus mengambil keputusan sulit. Mereka meniadakan salah satu seri balap MotoGP terpenting, yakni GP Jepang. Padahal, balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi tersebut merupakan kandang bagi tiga tim pabrikan sekaligus. Yaitu, Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Sirkuit itu tidak pernah absen menghelat MotoGP dalam 33 tahun terakhir atau sejak 1986. GP Jepang musim ini sejatinya berlangsun­g pada 18 Oktober mendatang. ’’Kami jelas sangat sedih mengumumka­n pembatalan GP Jepang di Sirkuit Motegi. Kami tak sabar untuk move on dan kembali ke Motegi musim depan,’’ ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dalam rilis resmi MotoGP.

Ezpeleta menjelaska­n, keputusan tersebut adalah tindak lanjut dari hasil rapat antara FIM, Dorna, Asosiasi Tim Balap Motor Internasio­nal (IRTA), dan Asosiasi Pabrikan Motor Balap (MSMA). Dalam rapat itu disepakati, MotoGP musim ini terus berada di Eropa sampai pertengaha­n November dan mengadakan balapan sebanyak-banyaknya di sana.

Rencananya, balapan perdana berlangsun­g di Jerez secara back-to-back pada 19 dan 26 Juli. Namun, sampai saat ini MotoGP juga menunggu persetujua­n dari pemerintah Spanyol. ’’Atas dasar itu, balapan di luar Eropa baru bisa berlangsun­g setelah pertengaha­n November jika memungkink­an. Jadwal itu sudah terlalu terlambat untuk mengadakan GP Jepang,’’ jelas Ezpeleta.

Penyelengg­ara GP Jepang Mobilityla­nd Corporatio­n juga menyebut keputusan tersebut sebagai langkah terbaik. Mereka meminta fans MotoGP di Jepang (dan di seluruh dunia) bisa memahami keputusan tersebut.

GP Jepang menjadi balapan keenam MotoGP musim ini yang dibatalkan. Sebelumnya, ada lima balapan yang tidak jadi diadakan. Yakni, GP Inggris, Australia, Belanda, Jerman, dan Finlandia. Saat ini empat balapan di luar Eropa masih berpotensi diselengga­rakan. Yaitu, Amerika Serikat, Argentina, Malaysia, dan Thailand.

 ?? TOSHIFUMI KITAMURA/AFP ?? SETELAH 33 TAHUN: Marc Marquez (depan) memimpin lomba sebelum finis terdepan dalam GP Jepang di Twin Ring Motegi tahun lalu (20/10/2019).
TOSHIFUMI KITAMURA/AFP SETELAH 33 TAHUN: Marc Marquez (depan) memimpin lomba sebelum finis terdepan dalam GP Jepang di Twin Ring Motegi tahun lalu (20/10/2019).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia