Jawa Pos

Tingkatkan Imunitas, Ajak OTG Senam dan Berjemur

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pemkot terus melakukan upaya penanggula­ngan Covid-19 di Surabaya. Salah satunya mengajak warga yang tercatat sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan menghuni Asrama Haji Sukolilo untuk melakukan senam. Mereka juga menjaga jarak satu sama lain sembari memakai masker sebagai bentuk ketaatan pada protokol pencegahan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Eddy Christijan­to mengatakan, kegiatan itu rutin dilakukan setiap hari. Selain senam, mereka juga diajak untuk berjemur. ”Acara yang dimulai pukul 06.00 hingga selesai pukul 08.00 itu dipimpin oleh instruktur senam,” ungkapnya.

Berdasar pengamatan Jawa Pos, penghuni asrama terlihat senang dan melakukan gerakan dengan riang gembira. Mereka juga menikmati suasana pagi yang cerah dan bersinar.

Eddy menerangka­n, program rutin itu bertujuan untuk meningkatk­an imunitas masyarakat yang terklarifi­kasi dalam orang tanpa gejala (OTG). ”Hari ini (Red, kemarin), ada 234 orang yang jadi penghuni asrama ini

J

Mereka menjalani karantina karena hasil pemeriksaa­n swab yang reaktif,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan itu, imunitas penghuni bisa naik sehingga ketika masa pemeriksaa­n swab berikutnya, hasilnya bisa nonreaktif. Dia menuturkan bahwa senam dan berjemur hanya satu di antara sekian banyak kegiatan yang diselengga­rakan pemkot bagi penghuni asrama tersebut.

”Kami berikan juga fasilitas berupa sarana olahraga bulu tangkis dan tenis meja bagi penghuni dewasa. Anak-anak diberi mainan lego, mobil-mobilan, dan buku untuk merangsang motorik dan kognitif mereka,” jelasnya.

Setidaknya ada 12 penghuni yang masuk kategori anak-anak. Eddy mengungkap­kan, makanan, minuman, dan vitamin rutin diberikan untuk meningkatk­an imunitas penghuni asrama. Di samping itu, pengawasan terhadap mereka dimasifkan untuk melihat seberapa jauh progres perkembang­an karantina.

Kasatpol PP Surabaya Irvan Widyanto menerangka­n bahwa setiap hari ada 15 petugas satpol PP dan 4 tenaga medis yang ditugaskan untuk mengecek kondisi mereka. ”Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengecekan rutin. Supaya kondisi penghuni semakin sehat dari hari ke hari,” ujarnya. Mereka juga ditempatka­n di ruangan yang sudah diatur.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? KEJAR NONREAKTIF: Para penghuni asrama haji yang sebelumnya reaktif Covid-19 dari hasil uji swab melakukan senam pagi bersama kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS KEJAR NONREAKTIF: Para penghuni asrama haji yang sebelumnya reaktif Covid-19 dari hasil uji swab melakukan senam pagi bersama kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia