Jawa Pos

Sebelas Tiang Terpasang, Target Dua Bulan Sudah Terang

Total Penambahan 96 PJU di Balas Klumprik‒Bangkingan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gara-gara pandemi Covid-19, sejumlah anggaran pembanguna­n dialihkan ke penanganan virus korona jenis baru tersebut. Namun, proyek yang sudah dilelang dan tanda tangan kontrak tetap berlanjut. Misalnya, penambahan tiang penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang Jalan Raya Balas Klumprik hingga Bangkingan.

Kasi PJU Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Bagyo Widodo menyampaik­an, awalnya, rencana penambahan PJU dihentikan sementara lantaran menunggu keputusan apakah anggaranny­a dialihkan atau tidak. ’’Ternyata, yang sudah berkontrak diteruskan pengerjaan­nya,’’ ujarnya.

Ya, sebelum Lebaran, fondasi bakal tiang PJU sudah dibangun. Tak hanya itu, belasan tiang baru pun terpasang. Bagyo menjelaska­n, total tiang yang akan dipasang 96 titik lokasi. Proyek itu merupakan lanjutan dari penambahan PJU di Jalan Raya Kebraon.

Tiang yang akan dipasang setinggi 7 meter dengan bentuk oktagonal. Selama ini, penerangan jalan di sepanjang Balas Klumprik hingga Bangkingan sangat kurang, remangrema­ng. Kondisi tersebut membahayak­an pengendara motor dan mobil saat malam.

Belum lagi, sebagian tiang PJU yang lama mulai keropos. ’’Sebab, itu perlu peremajaan,’’ katanya. Selain itu, lampu penerangan tidak berdiri sendiri, ikut satu existing dengan tiang listrik. ’’Letaknya terlalu menepi. Tidak tepat di pinggir jalan sehingga kurang penerangan,’’ lanjutnya. Idealnya, jarak satu tiang PJU dengan tiang lain sekitar 30 meter.

Dia berharap tambahan PJU membuat para pengendara yang melintasi jalan tersebut nyaman. Pandangan tidak terganggu karena gelap. ’’Target dua bulan lagi, 96 titik PJU sudah terpasang dan pencahayaa­n berfungsi,’’ tuturnya.

Apakah ada penambahan PJU di wilayah lain? ’’Sebenarnya, tahun ini ada banyak,’’ jawabnya. Untuk kawasan Surabaya Barat, pihaknya berencana menambah penerangan di sekitar Babat Jerawat dan Sumberrejo, Kecamatan Pakal. ’’Namun, masih tertunda lantaran belum masuk lelang,’’ ucapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? LANJUTKAN PENGERJAAN: Baru sebelas tiang dari total 96 titik PJU baru yang terpasang di Jalan Raya Balas Klumprik hingga Bangkingan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS LANJUTKAN PENGERJAAN: Baru sebelas tiang dari total 96 titik PJU baru yang terpasang di Jalan Raya Balas Klumprik hingga Bangkingan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia