Jawa Pos

Pilih Prodi Sesuaikan Kemampuan

Pendaftara­n UTBK-SBMPTN Dibuka Hari Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Pendaftara­n ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dibuka hari ini. Para calon pendaftar pun bisa langsung memilih program studi (prodi) dan tempat pelaksanaa­n UTBK sekaligus. Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) telah menyiapkan kuota SBMPTN lebih besar hingga membuka prodi baru.

Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Akhmad Fauzi menyatakan, tahun ini UPN membuka kuota 2.100 kursi jalur SBMPTN. Yakni, 50 persen dari total kuota masing-masing daya tampung prodi. ’’Tahun lalu total kuota mahasiswa baru yang diterima 3.550 kursi. Tahun ini naik menjadi 4.200 kursi,’’ katanya.

Fauzi menuturkan, sebelumnya UPN menerima mahasiswa dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sebanyak 919 orang. Termasuk bidikmisi atau kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah 200 orang. ’’Tinggal dua jalur. SBMPTN dengan persentase 50 persen dan jalur mandiri dengan persentase 30 persen,’’ tuturnya.

Fauzi menjelaska­n, pendaftara­n jalur SBMPTN kali ini berbeda dengan tahun lalu. Sebab, tahun ini calon mahasiswa harus mendaftar swasta (PTS) mitra. Yakni, Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya, Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESIA), dan Universita­s 17 Agustus (Untag). ’’Kami juga menyiapkan list ruang beserta kapasitas ujian UTBK serta verifikasi keadaan masing-masing perangkat untuk ujian,’’ paparnya.

Junaidi menuturkan, Unair dan mitra telah menyiapkan 42 ruangan yang tersebar di kampus Unair A, B, dan C, serta UM Surabaya, Stiesia, dan Untag. Setiap sesi ujian kapasitas kursinya 1.175. Secara keseluruha­n, Unair menyiapkan 42.770 kursi. ’’Daya tampung SBMPTN di Unair 30‒40 persen dari total keseluruha­n daya tampung masing-masing prodi,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia