Jawa Pos

Hari Ini SMPN Mulai Daftar Jalur Prestasi

-

SIDOARJO, Jawa Pos − Peminat jalur prestasi bisa mulai berburu bangku SMP negeri. Mulai hari ini (2/6), pendaftara­n bisa dilakukan orang tua atau siswa sendiri. Sekolah siaga membantu.

Di SD atau MI, ada tim guru yang stand by jika sewaktu-waktu ada orang tua yang meminta bantuan mendaftar. SDN Jemundo 1 Taman misalnya. Di sana, ada tim help desk yang membantu sejak saat simulasi.

”Memang banyak yang minta bantuan,” kata Kepala SDN Jemundo 1 Taman Rolis Awag Widodo.

Meski tahun sebelumnya sudah PPDB online, banyak wali murid yang belum percaya diri mendaftar sendiri secara langsung. Mereka butuh didampingi. Agar tidak salah daftar. Sebab, ada yang belum familier dengan sistem online. ”Kami siapkan guru yang mendamping­i,” katanya.

Sekolah asal pendaftar juga menyiapkan surat keterangan prestasi yang dibutuhkan siswa. Surat untuk siswa prestasi sudah ada dari hasil rapat dewan guru. Siswa tinggal menginput.

Untuk tahun ini, ada aturan baru terkait penerimaan jalur prestasi. Yakni, total kuota PPDB jalur prestasi mencapai 30 persen dari total pagu. Dari 30 persen tersebut, 30 persennya ditujukan untuk siswa berprestas­i akademik maupun nonakademi­k. Kemudian, 70 persennya untuk siswa berprestas­i di tingkat sekolah. Penentunya nilai rapor, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, keterampil­an, dan pengetahua­n.

Semuanya harus ditunjukka­n dengan surat keterangan prestasi dan sertifikat. ”Harus asli. Baik yang dari sekolah atau sertifikat prestasiny­a,” terang Kepala Dikbud Sidoarjo Asrofi.

 ??  ??
 ?? DOKUMEN PRIBADI ?? M. Ainur Rahman
DOKUMEN PRIBADI M. Ainur Rahman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia