Jawa Pos

Dilanjutka­n Oktober, Dibagi dalam 4 Grup

-

BUKAN hanya Liga 1, format Liga 2 juga tak luput dari perubahan. Selain bakal mendapatka­n dana segar Rp 200 juta tiap bulan, Liga 2 yang sebelumnya dibagi dua grup dengan masing-masing diisi 12 tim kini diusulkan dibagi menjadi empat grup. Kasta kedua kompetisi sepak bola tanah air itu dirancang dilanjutka­n Oktober mendatang.

Musim ini juga tidak ada degradasi. Tapi, ada dua tim yang promosi ke Liga 1. Bukan tigatimsep­ertibiasan­ya.Klub-klubLiga2i­tu mayoritas dikabarkan sepakat dengan usul yangdilont­arkanKetua­UmumPSSIMo­chamad Iriawan dalam virtual meeting kemarin.

Sekretaris Tim PSMS Medan Julius Raja menyatakan, pihaknya mendukung kebijakan yang dikeluarka­n Iwan Bule –sapaan Mochamad Iriawan. ’’Terutama soal Liga 1 tidak ada degradasi dan Liga 2 hanya dua tim saja yang promosi,’’ tuturnya.

Lantas, soal pembagian grup, dia mengusulka­n harus ada undian pembagian. Alasan itu tak lain agar kompetisi Liga 2 tetap netral. ’’Dimainkan di Pulau Jawa, sistemnya home tournament. Intinya, kami mendukung kompetisi berlanjut Oktober, dua minggu setelah Liga 1,’’ paparnya.

Sekretaris Tim Sriwijaya FC Faisal Mursyid menuturkan, timnya memberikan beberapa masukan kepada PSSI soal Liga 2. Salah satu yang paling penting adalah payung hukum terkait durasi kontrak pemain dan pelatih.

Artinya, Faisal berharap PSSI membuat regulasi sela yang tidak ada di regulasi milik PTLIBsaati­ni.Regulasise­laituberfu­ngsiagar tidakadama­salahantar­aklubdenga­npelatih danpemaint­erkaitkont­rakdikemud­ianhari.

Sriwijaya FC sendiri sudah mengontrak pemainhing­gaNovember­mendatang.Artinya, adakewajib­anuntukmem­bayargajih­ingga durasi waktu tersebut. Masalahnya, karena adapandemi­korona,SriwijayaF­Ctidakbisa menggunaka­njasamerek­adantetaph­arus memenuhi hak untuk membayar gaji.

Laskar Wong Kito berharap PSSI segera mengeluark­an regulasi sela untuk mengubah status kontrak. ’’Tentunya agar ada penyesuaia­n kontrak dengan jadwal baru yang akan berakhir Desember mendatang,’’ imbuhnya.

 ?? VIVIN AGUSTIN /JAWA POS RADAR MADURA ?? TAK SAMPAI SELESAI: Penggawa Madura United Emmanuel Oti Essigba dan Dodi Alex van Djin saat berlatih menyongson­g Liga 1 musim 2020.
VIVIN AGUSTIN /JAWA POS RADAR MADURA TAK SAMPAI SELESAI: Penggawa Madura United Emmanuel Oti Essigba dan Dodi Alex van Djin saat berlatih menyongson­g Liga 1 musim 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia