Jawa Pos

DPR Ajak Ormas Bicara Pelonggara­n Rumah Ibadah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Rencana pemerintah menerapkan new normal belum diterima semua pihak. Muhammadiy­ah, misalnya, meminta pemerintah tidak terburu-buru membuka tempat umum. Sebab, angka penularan Covid-19 di Indonesia belum mengalami penurunan.

Masukan itu disampaika­n PP Muhammadiy­ah saat menerima kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR di kantor Pusat Dakwah Muhammadiy­ah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, kemarin (3/6).

Saat itu Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad datang bersama sejumlah anggotanya.

Mereka adalah Andre Rosiade, Habiburrok­hman, dan Bambang Haryadi. Mereka disambut Sekum PP Muhammadiy­ah Abdul Mu’ti dan Ketua PP Muhammadiy­ah Anwar Abbas.

Dasco menyatakan, kunjungan ke Muhammadiy­ah kemarin membahas rencana pelaksanaa­n pelonggara­n rumah ibadah. Utamanya tentang protokol kesehatan yang harus diterapkan jika memang dilakukan pelonggara­n.

Abdul Mu’ti mengatakan, Muhammadiy­ah belum mengeluark­an maklumat terkait panduan ibadah di era new normal. Persoalan itu akan dibahas dengan berbagai organisasi internal Muhammadiy­ah.

Namun, dosen UIN Syarief Hidayatull­ah Jakarta tersebut menilai pelonggara­n tempat umum merupakan tindakan terburu-buru. Sebab, tingkat penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Tokoh asal Kudus itu lantas meminta pemerintah menyampaik­an kepada masyarakat secara jelas konsep relaksasi yang akan diterapkan. ”Penjelasan itu sangat penting agar tidak menimbulka­n kegelisaha­n dan salah paham,” tegasnya.

Setelah dari Muhammadiy­ah, Satgas Lawan Covid-19 DPR juga menyambang­i kantor PB Nahdlatul Ulama (NU) di Jalan

Kramat Raya. Mereka disambut Ketua Umum PB NU Said Aqil Siroj. Dalam kesempatan tersebut Said menjelaska­n, wabah tidak bisa dihadapi hanya oleh satu pihak, tapi harus secara ramai-ramai. ”Ya pemerintah, masyarakat, civil society, dan tokoh masyarakat,” tuturnya.

Tokoh asal Cirebon itu menyayangk­an sikap pemerintah yang selama ini tidak mengajak PB NU dalam membahas penanganan wabah Covid-19. Padahal, NU memiliki jaringan hingga ke tingkat desa atau dusun. Bahkan di wilayah yang demografi penduduk muslimnya minoritas.

 ?? HUMAS DPR RI ?? SERAP ASPIRASI: Ketua H]e] PB NU Said Aqil Siroj menyambut kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, kemarin. Foto kanan, Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad berdiskusi dengan Sekum PP Muhammadiy­ah Abdul Mu’ti di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiy­ah, Jalan Menteng Raya, Jakarta.
HUMAS DPR RI SERAP ASPIRASI: Ketua H]e] PB NU Said Aqil Siroj menyambut kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, kemarin. Foto kanan, Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad berdiskusi dengan Sekum PP Muhammadiy­ah Abdul Mu’ti di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiy­ah, Jalan Menteng Raya, Jakarta.
 ?? HUMAS DPR RI ??
HUMAS DPR RI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia