Jawa Pos

Perayaan HUT PCP Dikira Harlah PKI

-

AKUN Facebook Biglelo menyebarka­n informasi aneh pada 30 Mei lalu. Dia mengunggah video belasan orang berpakaian ala Timur Tengah yang kompak menari di sebuah ruangan. Di belakang mereka terpampang beberapa logo palu arit. Sekilas juga tampak bendera yang mirip bendera Indonesia. Video itu lantas diberi narasi seolaholah PKI merayakan harlah ke-100.

”Apakah perayaan ulang tahun PKI ke 100?? Diiringi dentuman music HipHop Rock & Heavy Metal mereka menari salsa, samba, cacha dan sedikit breakdance.” Demikian keterangan akun Biglelo yang hingga kemarin telah disebar berkali-kali oleh akun Facebook lainnya itu (bit.ly/Perayaanha­rlahPKI).

Jika sempat melihat video tersebut, pasti Anda bisa menyimpulk­an bahwa pendengara­n pengelola akun Biglelo kurang bagus. Sebab, musik yang mengiringi para penari itu bukan hiphop, rock, ataupun heavy metal. Jelas sekali, gerakan para penari tersebut mengikuti alunan musik khas Timur Tengah.

Video yang telah di-share 16 kali itu memang memperliha­tkan sebuah perayaan. Namun, lokasinya jelas bukan di Indonesia. Minimal itu terlihat dari wajah dan pakaian para penari, jenis musik yang dimainkan, serta banner-banner berbahasa Arab di lokasi kejadian.

Penelusura­n menggunaka­n situs padanan gambar mengarahka­n Jawa Pos ke beberapa kanal YouTube yang mengunggah video serupa. Namun, tanggal unggahan video itu jauh sebelum Hari Jadi Ke-100 PKI yang memang jatuh pada Mei 2020.

Salah satu kanal YouTube yang mengunggah video tersebut adalah kanal yang berbahasa Arab milik Partai Komunis Palestina. Saat resolusi video di-setting ke level tertinggi, bendera yang ada dalam perayaan itu ternyata bukan bendera RI. Memiliki tiga warna dasar, yakni merah, putih, dan hitam. Kemudian di bagian warna putih terdapat dua bintang berwarna hijau.

Pada kolom keterangan video yang diunggah 27 Desember 2016 itu tertulis, tari-tarian tersebut merupakan bagian dari perayaan 25 tahun berdirinya Partai Komunis Palestina. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BukanPKI.

Acara peringatan Hari Jadi Ke-25 Partai Komunis Palestina itu juga diulas situs milik PCP (Palestinia­n Communist Party) pada 15 Desember 2016. Disebutkan, Partai Komunis Palestina memperinga­ti ulang tahun ke-25 di Ramallah pada Selasa, 12 Desember 2016. Peringatan tersebut juga dihadiri banyak tokoh nasional dan perwakilan partai politik. Anda bisa melihatnya di bit. ly/HariJadiPC­P.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia