Jawa Pos

Surabaya Bukan Zona Hitam

-

SEHARIAN kemarin, beredar kabar yang menjadi pro-kontra. Bahwa, Surabaya menjadi zona hitam persebaran Covid-19. Sebab, dalam peta sebaran yang dirilis di website infocovid1­9.jatimprov.go.id milik pemprov, warna peta Surabaya diklaim hitam karena banyaknya pasien yang terpapar.

Kemarin pemprov melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jatim memastikan hal itu tak benar. ”Tidak ada zona hitam. Jadi, sebenarnya itu zona yang warna merahnya tua,” kata Kepala Diskominfo Jatim Benny Sampirwant­o kemarin.

Dia menjelaska­n, peta itu merupakan gambaran persebaran virus di 38 kabupaten/ kota di Jatim. Setiap daerah memiliki warna yang berbeda. Awalnya ada tiga warna. Yakni, hijau (untuk daerah yang belum terjangkit virus), kuning (bagi daerah yang hanya PDP dan ODP), serta merah (bagi daerah yang sudah terdapat kasus positif ).

Warna tersebut lalu menyesuaik­an jumlah pasien yang terkonfirm­asi positif. Semakin banyak, warna merah itu semakin tua. ”Karena di Surabaya jumlah pasien positif cukup banyak, warnanya terlihat makin tua. Jadi, bukan hitam seperti yang ramai di media sosial (medsos),” katanya.

Sebenarnya, bukan hanya Kota Surabaya yang warnanya merah tua. Kabupaten Sidoarjo juga hampir sama. Berbeda dengan Banyuwangi yang bewarna merah cerah. Sebab, kasus positif Covid-19 di sana relatif sedikit. Karena itu, Benny meminta publik tidak menyalahar­tikan makna warna tersebut.

Dia juga meminta masyarakat tidak langsung percaya dengan informasi yang beredar di media sosial (medsos). Perlu diteliti dan dikonfirma­si. Dengan begitu, informasi yang diterima sesuai dengan fakta. ”Bukan hoaks yang marak beredar di masyarakat,’’ jelas dia.

 ?? JAWA POS RADAR MADURA ?? KABAR BAIK: Lima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh berfoto bersama perwakilan GTPP Covid-19 Bangkalan kemarin.
JAWA POS RADAR MADURA KABAR BAIK: Lima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh berfoto bersama perwakilan GTPP Covid-19 Bangkalan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia