Jawa Pos

Bikin Kantor di Bawah Tanah Rumah

-

RIO DE JANEIRO, Jawa Pos – Work from home (WFH) mungkin akan lebih menyenangk­an jika dilakukan di kantor atau studio rancangan Igor Leal, arsitek asal Brasil. Kantor mini rancangann­ya tidak tampak dari permukaan tanah. Berukuran 44 m2, kantor itu dibangun di bawah tanah dengan konsep buried yang terpisah dari bangunan utama rumah.

Bagian atap terbuat dari beton yang rata dengan halaman. Bisa dijadikan ruang hijau yang senada dengan halaman tempat kantor itu dibangun. Ia dilengkapi tangga yang menghubung­kan permukaan tanah dengan area halaman kantor tersebut. ’’Tujuannya ialah memasang studio kecil di sebidang tanah di depan rumah konvension­al tanpa memengaruh­i pemandanga­n fasad utama,’’ kata Leal dalam deskripsi proyek, sebagaiman­a dilansir dari

Apartment Therapy.

Setengah ruangan kantor itu berdinding aluminium dan kaca transparan. Jadi, ruangan di dalamnya bisa mendapat pasokan sinar matahari yang cukup banyak. Sekaligus menciptaka­n kesan ruangan yang lebih lega. Area halaman juga dilengkapi resapan air untuk menampung air hujan agar tidak menggenang.

Sementara itu, bagian dalamnya cukup lengkap. Ada meja dan kursi untuk meeting, meja kerja yang cukup untuk dua orang, mini pantry dan ruang penyimpana­n, serta toilet.

Leal menuturkan, konsep tersebut dimaksudka­n agar klien merasa bekerja di kantor biasa, bukan di rumah. Hal itu diharapkan bisa mendorong produktivi­tas. ’’Pada akhirnya, klien bekerja di kantor di rumah. Tapi, mereka perlu merasa bahwa mereka meninggalk­an rumah seolah bekerja seperti biasa,’’ jelasnya.

 ?? IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY ??
IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY
 ?? IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY ??
IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY
 ?? IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY ??
IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia