Jawa Pos

Stadion dengan Atmosfer Paling Merinding Sedunia

-

PARIS, Jawa Pos – La Bombonera mungkin tidak sepopuler Anfield-nya Liverpool. Juga, tidak sebesar dari segi kapasitas maupun historis yang melegenda jika dibandingk­an dengan Estadio do Maracana di Rio de Janeiro, Brasil.

Namun, berdasar penilaian France Football kemarin (3/6), La Bombonera mengunggul­i Anfield dan Maracana sebagai stadion dengan atmosfer pertanding­an paling merinding di dunia. La Bombonera yang notabene kandang juara Superliga Argentina 2019–2020 Boca Juniors menempati posisi teratas dan Anfield hanya duduk di posisi kedua. Maracana? Malah hanya berada di peringkat kesepuluh.

Bagi La Bombonera, penilaian France Football bak kado ulang tahun. Stadion yang bernama lengkap Estadio Alberto J. Armando tersebut berusia 80 tahun pada 25 Mei lalu. Fans Boca yang mendengar kabar itu makin senang karena El Monumental yang tak lain kandang klub rival, River Plate, hanya menempati posisi keenam dalam daftar.

Lalu, bagaimana La Bombonera bisa ditahbiska­n sebagai yang terbaik? Ada beberapa poin penilaian France Football dalam menentukan­nya. Di antaranya, berdasar antusiasme penonton dan seberapa besar pengaruhny­a dalam mengintimi­dasi pemain lawan. Yang tidak kalah penting, euforia penonton. La Bombonera paling memenuhi semua kriteria.

Yang paling krusial dari semuanya adalah La Bombonera juga juara untuk urusan ekspansi. Akhir tahun lalu, stadion berkapasit­as 49 ribu tempat duduk itu mengajukan proposal penambahan sisi keempat stadion untuk tribun VIP. Proyek ekspansi tersebut bernama Proyecto Esloveno besutan arsitek Slovenia, Tomaz Carmenik.Selama ini La Bombonera memang dikenal sebagai stadion unik karena hanya terdiri atas tiga sisi tribun.

 ?? ALEJANDRO PAGNI/AFP ?? APRESIASI: Striker Boca Juniors Carlos Tevez memberikan aplaus kepada fans seusai laga Superliga Argentina di La Bombonera (24/2).
ALEJANDRO PAGNI/AFP APRESIASI: Striker Boca Juniors Carlos Tevez memberikan aplaus kepada fans seusai laga Superliga Argentina di La Bombonera (24/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia