Jawa Pos

Akhir Bulan, Tim ITS Selesaikan Aplikasi Pemantauan Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Tim dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat aplikasi pemantauan pasien Covid-19 versi mobile. Proyek tersebut bekerja sama dengan Institute of Electrical and Electronic­s Engineers Special Interest Group on Humanitari­an Technology (IEEE SIGHT). Aplikasi itu merupakan bentuk tindak lanjut pembuatan web pemantauan pasien Covid-19, tracingCov­id19.jatimprov. go.id, yang bekerja sama dengan Dinkes Jatim.

Ketua Tim Project Diana Purwitasar­i menyatakan, salah satu kekurangan sistem informasi di Indonesia adalah kurangnya data yang saling terintegra­si. Karena itu, lewat aplikasi tersebut, Dinkes Jatim bisa menjalanka­n fungsi kontrol secara optimal. Mereka bisa berkoordin­asi dengan dinkesdink­es kabupaten/kota untuk pengumpula­n data. ’’Saat ini akses penggunaan­nya terbatas dulu. Tidak semua masyarakat bisa mengakses,’’ katanya.

Diana menuturkan, jika aplikasi itu berhasil diimplemen­tasikan, data yang terkumpul bisa diakses lebih cepat sehingga mempermuda­h pekerjaan pemerintah. Khususnya update data. ’’Jadi, tidak lagi harus menunggu setiap sore untuk update secara manual seperti yang dilakukan sekarang,’’ ujarnya.

Alumnus program master di Saga University, Jepang, itu menambahka­n bahwa aplikasi tersebut tetap membutuhka­n kerja sama dan koordinasi dengan pemerintah. Sebab, pengawasan dalam pelaksanaa­nnya harus memperhati­kan beberapa hal. Mulai kesesuaian data, tampilan informasi, sampai pengimplem­entasianny­a.

Proyek tersebut, lanjut Diana, dirancang selama tiga pekan. Kini prototipe itu juga diterima IEEE SIGHT Special Covid-19 Covid-19 Projects. Yakni, jaringan global yang bermitra dengan komunitas atau organisasi yang memanfaatk­an teknologi untuk penanganan Covid-19. ’’Kami masih melakukan penyempurn­aan, pengecekan ulang, dan menambah fasilitas-fasiliitas lain yang dibutuhkan,’’ tuturnya.

Dia memperkira­kan proyek tersebut dapat tuntas akhir Juni. Dengan begitu, Juli bisa segera disosialis­asikan. Harapannya, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk pemantauan virus dan penyakit lainnya. ’’Jadi lebih mudah terpantau. Saat ini kami terus melakukan pemelihara­an aplikasi hingga Desember,’’ ucapnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? PENGUMPULA­N DATA: Diana Purwitasar­i.
SEPTINDA AYU/JAWA POS PENGUMPULA­N DATA: Diana Purwitasar­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia