Jawa Pos

Program Perawatan Dilanjutka­n Tahun Depan

Pemerintah Lelang Ulang Proyek Pemelihara­an Jembatan Suramadu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah pusat menambah anggaran perawatan Jembatan Suramadu tahun ini. Dari sebelumnya Rp 54 miliar, anggaran ditambah menjadi Rp 97 miliar pada 2020. Meski begitu, proyek pemelihara­an tidak langsung digarap.

Lelang proyek pemelihara­an jembatan sebenarnya dilakukan sejak awal tahun ini. Namun, lelang pertama gagal. Saat ini pemerintah pusat melelang kembali program pemelihara­an akses Surabaya–Madura.

Kabid Preservasi BBPJN VIII Surabaya Sodeli mengungkap­kan, proses lelang kedua ditargetka­n selesai Agustus. Dia mengakui bahwa gagalnya lelang turut berpengaru­h pada program pemelihara­an.

’’Otomatis proyek juga molor. Agar tidak menimbulka­n masalah lebih besar, kami akan mendorong kontraktor untuk cepat bergerak setelah penandatan­ganan kontrak,” kata Sodeli kemarin (3/6).

Dia membenarka­n soal anggaran perawatan yang mencapai Rp 97 miliar. Namun, pria tersebut menjelaska­n bahwa ada perubahan skema pencairan imbas pandemi Covid-19. Biaya pembanguna­n senilai Rp 97 miliar akan cair dalam dua tahap. Yakni, 2020 dan 2021.

’’Karena sebagian anggaran cair tahun depan, program pemelihara­an juga dilanjutka­n 2021,” tambah Sodeli.

Dia menjelaska­n, instansiny­a sedang menyusun lagi rancangan pengerjaan proyek. Nanti dipilah kegiatan mana yang didahuluka­n dan yang digarap tahun depan.

Menurut Sodeli, ada beberapa pengerjaan yang menjadi prioritas instansiny­a. Bukan hanya perawatan aspal. Pemelihara­an tiang penyangga di bagian bawah juga diutamakan. Sebab, kondisi sebagian kaki jembatan memang memerlukan perhatian.

Tiang rawan rusak karena terusterus­an terkena air dan mendapat tekanan di atasnya. Untuk itu, perlu pemasangan lapisan agar beton semakin kukuh.

Dari informasi, bukan hanya tiang penyangga dan kondisi aspal yang menjadi perhatian. BBPJN juga berencana menambah CCTV. Selain itu, ada pemelihara­an pada structural health monitoring system (SHMS). Yakni, seperangka­t alat pemantau cuaca dan muatan di Jembatan Suramadu.

 ??  ?? PENCAIRAN TERBAGI: Karena anggaran keluar dua kali, proyek perawatan Jembatan Suramadu juga dilaksanak­an bertahap.
PENCAIRAN TERBAGI: Karena anggaran keluar dua kali, proyek perawatan Jembatan Suramadu juga dilaksanak­an bertahap.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia