Jawa Pos

Darurat Kasus Jebakan Tikus

- GRESIK,

Jawa Pos − Setrum jebakan tikus kembali menelan korban jiwa. Selasa malam (2/6) giliran Taji ditemukan meninggal di area persawahan Desa Puduttrate, Benjeng. Jasad lelaki berusia 56 tahun asal Desa Gedangkulu­t, Cerme, itu ditemukan dalam kondisi tertelungk­up.

Informasi yang dihimpun, Selasa pagi Taji berangkat ke sawah. Biasanya, dia pulang sebelum magrib. Namun, petang itu Taji tidak kunjung pulang. Keluargany­a mulai resah. Anik, istri Taji, melakukan pencarian ke sawah di Desa Punduttrat­e. Sawah mereka memang berbatasan antara Desa Punduttrat­e dan

Desa Gedangkulu­t.

Pada pukul 18.30, Anik dan anaknya melihat sosok tertelungk­up di area persawahan. Spontan Anik menjerit. Lalu, dia berlari untuk meminta bantuan kepada masyarakat setempat. Korban pun dievakuasi ke atas tanggul. ’’Korban diduga meninggal akibat tersetrum aliran listrik yang berasal dari aki berkekuata­n 300 watt,’’ kata Kapolsek Benjeng AKP Lukmam Sholeh Hadi.

Camat Benjeng Suryo Wibowo men gatakan, pihaknya tel ah berk ali- kali mengimbau agar ma s yarakat tidak menggun akan jebakan listrik untuk mengh alau hama tikus. ” Bahkan, petugas PLN sudah melakukan razia. Namun, masih saja ada petani yang menggunaka­nnya,” ujarn ya.

Kematian Taji itu menambah panjang daftar warga yang meninggal karena jebakan tikus beraliran listrik. Pada tahun ini saja, setidaknya ada enam korban yang meninggal akibat jebakan tersebut. Tampaknya, persoalan itu sudah darurat untuk mendapat atensi lebih. Sebab, sejatinya para petani adalah garda terdepan dalam ketahanan pangan. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, tentu masa depan petani wajib diperhatik­an.

 ?? POLSEK BENJENG FOR JAWA POS ??
POLSEK BENJENG FOR JAWA POS
 ?? POLSEK BENJENG FOR JAWA POS ?? TRAGEDI BERULANG: Petugas kesehatan memeriksa korban Taji yang meninggal karena setrum jebakan tikus pada Selasa malam (2/6). Foto bawah, aliran listrik dengan menggunaka­n aki sering dipasang petani untuk memusnahka­n hama tikus.
POLSEK BENJENG FOR JAWA POS TRAGEDI BERULANG: Petugas kesehatan memeriksa korban Taji yang meninggal karena setrum jebakan tikus pada Selasa malam (2/6). Foto bawah, aliran listrik dengan menggunaka­n aki sering dipasang petani untuk memusnahka­n hama tikus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia