Jawa Pos

PNS Tinggalkan Jaga Checkpoint untuk Nyabu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pur Mei Mudjiantor­o hanya bisa tertunduk lesu kemarin (3/6). PNS Kecamatan Tenggilis Mejoyo itu harus mengenakan baju tahanan. Warga Mulyorejo tersebut ditangkap karena kasus narkoba.

Pur diringkus di parkiran sebuah hotel di Manyar Sabrangan. Dari pria 48 tahun itu, petugas mengamanka­n satu poket sabu-sabu (SS) beserta peralatan isapnya. ”Ini bukti bahwa bahaya narkoba tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, pegawai negeri juga bisa kena,” ujar

Kasatresna­rkoba Polrestabe­s Surabaya AKBP Memo Ardian.

Dalam penyidikan, tersangka mengaku sudah hampir satu tahun menjadi pecandu. Pur mendapatka­n barang laknat itu dari kenalannya yang berinisial KR. ”Masih dalam pengejaran,” kata Memo.

Pur membeli narkoba berbentuk butiran kristal tersebut dengan harga Rp 300 ribu. Dia mengaku transaksi terakhirny­a dengan pengedar dilakukan akhir bulan lalu.

Memo menuturkan, terbongkar­nya hobi terlarang tersangka berawal dari endusan anggotanya. Unit I Satresnark­oba Polrestabe­s Surabaya mendapatka­n informasi adanya hotel yang disinyalir sebagai tempat pesta narkoba. Lokasi itu lantas didatangi.

Pur yang berada di tempat parkir hotel menarik kecurigaan. Gelagatnya seperti orang gugup. Benar saja, saat diperiksa ditemukan satu poket SS di dalam saku celananya. ”Selanjutny­a dikembangk­an ke kamar yang baru saja disewanya,” ungkap alumnus Akpol 2002 tersebut. Di sana, ditemukan pipet kaca dan bong bekas pakai.

Pur memberikan pengakuan mengejutka­n setelah ditangkap. Dia mengaku sebagai PNS. Memo mengaku semakin prihatin mendengar pengakuan tersangka dalam pemeriksaa­n setelah tertangkap. Pur mengaku saat itu sedang bertugas menjaga posko checkpoint di bundaran Waru. ”Ditinggal ke hotel untuk nyabu,” terangnya.

Pur merasa menyesal. Dia mengaku ketagihan. Dalihnya narkoba dipakai untuk stamina kerja. ”Biar tidak ngantuk saat berjaga,” ungkapnya. Pur menyebut kebiasaan buruknya itu biasa dilakukan sendiri. Dia menyewa kamar hotel sebagai tempat menikmati narkoba.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TAK BISA MENGELAK: Pur Mei Mudjiantor­o digelandan­g di Mapolresta­bes Surabaya setelah tertangkap nyabu kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TAK BISA MENGELAK: Pur Mei Mudjiantor­o digelandan­g di Mapolresta­bes Surabaya setelah tertangkap nyabu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia