Jawa Pos

Tuangkan Suasana Pandemi dalam Sebuah Lukisan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di atas kanvas berukuran 60 x 80 cm, seniman I r dina Laras anti meluap kan perasaanny­a tentang pandemi Covid-19 yang saat ini menyerang dunia. Termasuk Indonesia. Berbekal teknik de cor ati vepa inti n g, dia menggambar­kan suasana korona, Lebaran, PSBB, dan kemiskinan dalam sebuah lukisan.

’’Ibaratnya, dunia sekarang menangis akibat Covid19. Keberadaan­nya yang kecil dan tak terlihat oleh mata ternyata mampu menggegerk­an dunia,’’ ujar Irdina kemarin (3/6).

Akibatnya, berbagai tempat ibadah, perkantora­n, pusat perbelanja­an, restoran, hingga bandara ditutup. Alhasil, tidak sedikit warga yang kehilangan pekerjaan. Kemiskinan dan kelaparan pun melanda. Bantuan dari pemerintah dinilai belum cukup.

Nah, lewat latar belakang itulah, Irdina memutuskan untuk membuat sebuah karya lukisan yang berjudul New Normal di Atas Pandemi. Sebab, menurut dia, Indonesia harus bisa bangkit dari keterpuruk­an ini. Semua orang harus mau hidup berdamping­an dengan virus korona jenis baru.

’’Tapi, tentu saja kita semua tidak boleh kalah menghadapi ujian ini. Supaya pandemi segera berakhir, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan,’’ tutur Irdina.

Lukis anyang menggunaka­n cat akrilik itu punya beberapa unsur gambar di dalamnya. Diantarany­a, rumah, masjid, pura, gereja, kapal, ketupat, dan wajah orang yang bersedih. Semuanya memiliki makna masing-masing.

’’Gambar rumah berarti masyarakat Indonesia sekarang stay at home. Gambar tempat ibadah menunjukka­n bahwa sekarang banyak masjid, pura, dan gereja yang tutup,’’ paparnya.

Selanjutny­a, unsur kapal juga memiliki arti tersendiri. Yaitu, Indonesia harus tetap berjuang melawan Covid19. ’’Jangan sampai kapal kita karam,’’ tegas Irdina.

Gambar ketupat bermakna bahwa masyarakat harus ikhlas melewati hari raya Idul Fitri tahun ini tanpa mudik.

 ?? IRDINA LARASANTI FOR JAWA POS ?? PILIH KANVAS: Irdina Larasanti sedang menyelesai­kan lukisannya yang berjudul New Normal di Atas Pandemi.
IRDINA LARASANTI FOR JAWA POS PILIH KANVAS: Irdina Larasanti sedang menyelesai­kan lukisannya yang berjudul New Normal di Atas Pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia